Analisis Pengaruh PPn, PPnBM, dan PKB dengan Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat Di Makassar.

Authors

  • Nurul Arfiah Hasibullah Magister Akuntansi Universitas Muslim Indonesia
  • Mursalim Mursalim Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Su'un

Keywords:

Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Penjualan atas Barang Mewah, Pajak Kendaraan Bermotor Tarif Progresif, Daya Beli

Abstract

Pajak adalah kewajiban yang harus dibayar oleh masyarakat pada pemerintah untuk kegiatan pembangunan di segala bidang, Pajak dapat dikatakan keharusan atau kewajiban yang dibayar oleh masyarakat pribadi maupund badan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengenaan pajak pertambahan nilai, pajak penjualan atas barang mewah dan Pajak kendaraan bermotor tarif progresif terhadap daya beli konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen kendaraan bermotor roda empat yang ditemui di kantor Badan Pendapatan Daerah Sulawesi Selatan,Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan sample Slovin,Teknik analisis data yakni analisis regresi linier berganda.Hasil peneltian  yaitu pengenaan PPN tidak berpengaruh terhadap daya beli konsumen, PPnBM mempunyai pengaruh positif signifikan, serta PKB tarif progresif berpengaruh positif pada daya beli konsumen kendaraan bermotor roda empat.

Taxes are obligations that must be paid by the public to the government for development activities in all fields. Taxes can be said to be imperatives or obligations paid by private and maupund bodies of society. This study aims to analyze the effect of the imposition of value added tax, sales tax on luxury goods and progressive motor vehicle tax on consumer purchasing power. The population of this study is four-wheeled motor vehicle consumers found in the office of the South Sulawesi Regional Revenue Agency. Collecting data using primary data obtained from a questionnaire using the Slovin sample, the data analysis technique is multiple linear regression analysis. consumer purchasing power, PPnBM has a significant positive effect, and PKB progressive tariffs have a positive effect on the purchasing power of consumers of four-wheeled vehicles.

 

References

Abdurrahman, R (2014). Analisis Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Kendaraan Bermotor (Studi Empiris pada Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat di Wilayah Kota Tanjungpinang). EJurnal Umrah.

Dyah A, (2010). Analisis Pengaruh Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (Ppnbm) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Barang Elektronika (Studi Empiris Pada Konsumen Barang Elektronika Di Wilayah Tangerang Selatan)

Evina, S, Lili S., Cherrya D. W, (2014). Pengaruh Pengenaan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Kendaraan Bermotor Roda Dua Terhadap Daya Beli Konsumen di Kota Palembang. Jurnal STIE MDP.

Fadilah, (2012). Analisis Pengaruh Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Barang Elektronika (Studi Empiris pada Konsumen Barang Elektronika di Glodok Jakarta Kota). Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Faizal, (2010). Sistem Informasi Pengolahan Data Pajak Kendaraan Bermotor Bidang Pendapatan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Aceh Menggunakan Visual Basic. Jurnal Ekonomi Bisnis No. 1, Volume 15 .

Mardiasmo, (2011). Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mariska, F., (2015). Analisis Pengaruh Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dna Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Barang Elektronika (Studi Empiris pada Konsumen Barang Elektronika di Wilayah Jalan ABC Kota Bandung). Skripsi Universitas KristenMaranatha

Murthi, N. W., Made K, Sri B, Ida B. P, (2015). Pengaruh Pajak Progresif Terhadap Perilaku Konsumtif, Basis Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, dan Pendapatan Daerah Provinsi Bali. EJurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol. 4 No. 12, pp: 10011048.

Pramesti, S. A. P. D. and Supadmi, N. L. (2017) ‘Pengaruh PPN, PPnBM, dan PKB Tarif Progresif Pada Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat’, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18, pp. 674–704.

Prabowo, F. P, (2014). Pengaruh Penerapan PMK No121/PMK.011/2013 atas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen pada Barang Elektronika (Studi Empiris Konsumen Barang Elektronika di Wilayah DKI Jakarta). Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ratnasari, I. A. P, (2015). Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Kendaraan Bermotor Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan di Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 15 No. 2, pp: 887-914.

Rosidi. I, (2017). Pengaruh Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Pajak Penjualan Atas Barang Mewah dan Tarif Progresif Pajak Kendaraan Bermotor Terhadap Daya Beli Konsumen.Skripsi

Waluyo, (2011). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Published

2020-07-09

How to Cite

Hasibullah, N. A., Mursalim, M., & Su’un, M. (2020). Analisis Pengaruh PPn, PPnBM, dan PKB dengan Tarif Progresif Terhadap Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat Di Makassar. Journal of Accounting and Finance (JAF), 1(1), 86-101. Retrieved from http://pasca-umi.ac.id/index.php/jaf/article/view/119