Pengaruh Edukasi Melalui Buku Cerita Bergambar Terhadap Perilaku Pencegahan COVID-19 Pada Siswa SD Di Kabupaten Maros Tahun 2020

Authors

  • Indri Ardiyanti Saleh Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Asrina Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia
  • Fairus Prihatin Idris Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/jahr.v2i1.528

Keywords:

Covid-19, Cerita Bergambar, Pengetahuan, Sikap,, Tindakan

Abstract

Latar Belakang: Kebijakan pemerintah Kabupaten Maros saat ini masih menerapkan pembatasan sosial. Meskipun demikian di sekolah tetap melaksanakan proses belajar mengajar, akan tetapi masih belum efektif. Ada dua cara pembelajaran yang diterapkan di sekolah yaitu secara daring (dalam jaringan) dan Luring ( luar jaringan). Dalam proses belajar mengajar luring, besar kemungkinan terjadi proses penularan penyakit maka sangat penting memberikan pengetahuan kepada siswa agar mampu menjaga diri dan lingkungannya terhadap penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi melalui buku cerita bergambar terhadap perilaku pencegahan Corona virus disease-19 (Covid-19) pada siswa SD di Kabupaten Maros tahun 2020. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment dengan rancangan two group pretest dan posttest design. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu sebanyak 76 responden. Analisis data menggunakan uji  Npar Mann Whitney Wilcoxon dengan tingkat kemaknaan 95%(α: 0,05). Hasil: Hasil penelitian pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol menunjukkan adanya pengaruh pengetahuan, sikap dan tindakan siswa tentang pencegahan covid-19 sebelum dan sesudah pemberian edukasi melalui buku cerita bergambar dengan p-value masing-masing 0,000 (p value < 0,05). Kesimpulan: Terdapat pengaruh edukasi melalui buku cerita bergambar terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan siswa tentang pencegahan covid-19.

 

References

Varghese, G., John, R., Manesh, A., Karthik, R., & Abraham, O. (2020). Clinical management of COVID-19. In Indian Journal of Medical Research. https://doi.org/10.4103/ijmr.IJMR_957_20

Kesehatan, K. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus deases (Covid-19). Kementrian Kesehatan,5,178. https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/REV-05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020.pdf

Organization, W. H. (2020). Pesan dan Kegiatan Utama Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Sekolah. Unicef, 1, 1–14. lbender@unicef.org

Banun, T. S. (2016). Hubungan antara Pengetahuan PHBS dengan Pola Hidup Sehat Siswa di SD Tamanan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(14), 1378–1386.

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta : Kemenkes RI

Marhaeni Ahmad, Anis Nikmatul Nikmah, N. L. M. P. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Melalui Metode Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 1.

Sarwono, S. W. (2010). Teori-Teori Psikologi Sosial. In PT. Rajagrafindo Persada.

Usoh, J. A., & Kandou, G. D. (2019). Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Siswa dengan Tindakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SD Negeri Tumbak Kecamatan Pusomaen Kabupaten Minahasa Tenggara. EBiomedik, 7(2), 150–155. https://doi.org/10.35790/ebm.7.2.2019.26547

Munirah, M. (2019). Muslim Women's Roles in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/jpud.132.05

Notoatmodjo, S. (2015). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. In Biomass Chem Eng.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta. In Applied Nursing Research.

Walgito, B. (2013). Pengantar Psikologi Umum. In Rajawali Perss.

Arsyad azhar. (2013). Raja Grafindo Persada jakarta. Media Pembelajaran Edisi Revisi. 2013.

Notoatmodjo, S. (2014). Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Jakarta: Rineka Cipta. In Rineka Cipta :Jakarta.

A.Wawan & Dewi M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan

Perilaku Manusia .Cetakan II. Yogyakarta : Nuha Medika

Notoatmodjo.(2010).Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta. Notoatmodjo, (2010). Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis's Health Journal),6(2),110–115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Bua, M., Santoso, A., & Hasanah, M. (2016). Analisis Minat Membaca Permulaan Dengan Cerita Bergambar Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1749–1752. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6744

Witradharma, T. W., & Jumiyati, J. (2019). Efektifitas Media Cerita Bergambar (CERGAM) terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Siswa PAUD/TK. Jurnal Kesehatan, 10(2), 193. https://doi.org

Yusuf, R. A., Mont, D. F., Lin, W. H., & Chen, H. J. (2021). Adolescents’ Physical Activity and the Association With Perceived Social Support of Parents and Peers in Indonesia. Asia Pacific Journal of Public Health, 1010539521997255.

Published

2021-06-01

How to Cite

Saleh, I. A., Andi Asrina, & Idris, F. P. (2021). Pengaruh Edukasi Melalui Buku Cerita Bergambar Terhadap Perilaku Pencegahan COVID-19 Pada Siswa SD Di Kabupaten Maros Tahun 2020. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 2(1), 84-90. https://doi.org/10.52103/jahr.v2i1.528