Perbandingan Tarif Rumah Sakit Dengan Hasil Perhitungan Biaya Berdasarkan Pendekatan Activity Based Costing (ABC) Di Poliklinik Interna (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Sumantri Parepare)

Authors

  • amrin Kesdam XIV/HSN
  • Nurmiati Muchlis Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia
  • M Ikhtiar Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Activity Based Costing (ABC), Tarif, Rumah Sakit

Abstract

Latar belakang: Rumah Sakit diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat. Sehingga perlu dilakukan tata kelola yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku. Tata kelola yang baik dan benar tersebut termasuk di dalamnya adalah mengenai tarif jasa layanan kesehatan rumah sakit. Satu cara mengetahui dasar dalam penetapan tarif adalah dengan mengetahui besar biaya satuan (unit cost). Mengetahui biaya satuan (unit cost) dengan metode Activity Based Costing (ABC) adalah metode yang memiliki keunggulan lebih spesifik, lebih lengkap. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk membandingkan tarif Rumah sakit dengan hasil perhitungan berdasarkan pendekatan Activity Based Costing (ABC)Hasil: Hasil perhitungan diketahui bahwa tarif Rumah Sakit Sumantri terhadap pasien dengan tipe I lebih rendah (-16,09%) dibandingkan dengan hasil perhitungan dan terhadap pasien tipe II tarif Rumah Sakit Sumantri lebih rendah (-0,47%) dibandingkan dengan hasil perhitungan. Perbandingan Tarif INA-CBGs dengan hasil perhitungan diperoleh hasil terhadap pasien tipe I Tarif INA-CBGs lebih tinggi (11,09%) dibandingkan dengan hasil perhitungan. Terhadap pasien tipe II tarif INA-CBGs lebih tinggi (71,90%). Kesimpulan: Perbandingan hasil perhitungan dengan tarif Rumah Sakit Sumantri dan Tarif INA-CBGs diperoleh hasil bahwa tarif hasil perhitungan lebih rendah dibandingkan dengan Tarif INA-CBGs dan lebih tinggi dibandingkan dengan tarif Rumah Sakit Sumantri.

Published

2020-12-14

How to Cite

amrin, Muchlis, N. ., & M Ikhtiar. (2020). Perbandingan Tarif Rumah Sakit Dengan Hasil Perhitungan Biaya Berdasarkan Pendekatan Activity Based Costing (ABC) Di Poliklinik Interna (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Sumantri Parepare). Journal of Muslim Community Health, 1(3), 56-64. Retrieved from http://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/254