Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Makassar

Authors

  • Laode Alim Nursalim Magister Manajemen Universitas Muslim Indonesia
  • Baharuddin Semmaila Universitas Muslim Indonesia
  • Roslina Alam Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Motivasi, Kerja, Kepuasan, Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan; (2) menganalisis kepuasan kerja dapat memoderasi hubungan antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini diperoleh menggunakan data primer dari wawancara langsung oleh beberapa responden disertai dengan observasi dan melalui survei sebanyak 94 responden karyawan Bank Mandiri Makassar sebagai sampel dari seluruh populasi dengan metode sampling incidental. Pengujian pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, dan uji linearitas, uji hipotesis regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) motivasi kerja berpengaruh postif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini dibuktikan melalui analisis regresi linier sederhana yang diperoleh nilai R Square sebesar 0,357, yang dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan adalah 35,7%. Hasil uji t statistik menghasilkan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant yaitu 0,000 < 0,05; (2) Kepuasan kerja dapat memoderasi murni (Pure Moderation) positif (memperkuat) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Hal tersebut dibuktikan melalui Moderated Regression Analysis yang memberikan nilai koefisien sebesar 0,072, yang dapat diartikan kepuasan kerja dapat memoderasi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 7,2%. Hasil uji t statistik menghasilkan nilai signifikan lebih kecil dari level of significant yaitu 0,004 < 0,05.

This study aims to: (1) analyze the effect of work motivation on employee performance; (2) analyzing job satisfaction can moderate the relationship between work motivation and employee performance. This research was obtained using primary data from direct interviews by several respondents accompanied by observation and through a survey of 94 respondents of Bank Mandiri Makassar employees as a sample of the entire population using the incidental sampling method. The test in this study uses the validity test, reliability test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, normality test, and linearity test, simple linear regression hypothesis test and Moderated Regression Analysis. The results of this study indicate that: (1) work motivation has a positive and significant effect on employee performance. This is evidenced by a simple linear regression analysis which obtained the R Square value of 0.357, which means that the influence of work motivation on employee performance is 35.7%. The results of the t statistical test resulted in a significance value smaller than the level of significance, namely 0.000 <0.05; (2) Job satisfaction can pure moderate positive (strengthen) the effect of work motivation on employee performance. This is evidenced by the Moderated Regression Analysis which gives a coefficient value of 0.072, which means that job satisfaction can moderate the effect of work motivation on employee performance by 7.2%. The results of the t statistical test resulted in a significant value smaller than the level of significance, namely 0.004 <0.05.

References

Handoko. (1987). Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Jilid 1. Yogyakarta: BPFE.

Herzberg, G., & Howe, L. L. (1959). The Lyman Bands Of Molecular Hydrogen. Canadian Journal Of Physics, 37(5), 636-659.

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maslow, A. H. (1943). Preface To Motivation Theory. Psychosomatic Medicine.

Prasetyo, B. & Jannah, L.M. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Prasetyo, E., & Wahyuddin, M. (2003). Pengaruh Kepuasan Dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Riyadi Palace Hotel Di Surakarta. Retrieved April, 2, 2016.

Rahmatullah. (2012). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Makassar. Tesis. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Simamora, (1995). Sumber Daya Manusia. Jilid 1. Yogyakarta: Grafindo.

Sugiyono. 1999. Statistik Non-Parametrik Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Supomo, B. & Nur, I. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE

Published

2020-10-12