Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palopo Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) Di Kota Palopo

Authors

  • Nuryanti Nuryanti Magister Manajemen Universitas Muslim Indonesia
  • Baharuddin Semmaila Universitas Muslim Indonesia
  • Baharuddin Semmaila Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, Administrasi, Kepuasan, Jaminan Kesehatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk menganalisis pengaruh tampilan fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan   empati terhadap kepuasan peserta JKN-KIS di Kota Palopo dan (2) Untuk mengetahui variabel yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan peserta JKN-KIS di Kota Palopo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel variabel tampilan fisik berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan, Variabel kehandalan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan peserta, Variabel ketanggapan berpengaruh signifikan dan positif, Variabel jaminan berpengaruh tidak signifikan, Variabel empati berpengaruh signifikan dan positif. Dari ketiga variabel bebas yang berpengaruh signifikan yang digunakan dalam menentukan tingkat kepuasan peserta JKN-KIS, ternyata variabel ketanggapan yang mempunyai pengaruh dominan dalam meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS di Kota Palopo.

The purpose of this study is to: (1) To analyze the effect of physical appearance, reliability, responsiveness, assurance and empathy on the satisfaction of JKN-KIS participants in Palopo City and (2) To find out the dominant variables that affect the satisfaction of JKN-KIS participants in Palopo City. This research was conducted using a quantitative approach. This type of research is a survey that analyzes the facts and data needed to support the research discussion. The results showed that the variable physical appearance had no significant effect on satisfaction, the reliability variable had a significant and positive effect on participant satisfaction, the responsiveness variable had a significant and positive effect, the assurance variable had no significant effect, the empathy variable had a significant and positive effect. Of the three independent variables that have a significant effect on the level of satisfaction of JKN-KIS participants, it turns out that the responsiveness variable has the dominant influence in increasing the satisfaction of JKN-KIS participants in Palopo City.

References

Andi, F. A. (2016). Analysis of National Health Insurance Towards A Universal Health Insurance. Kajian Ekonomi dan Keuangan, 19(1), 63-78.

Fuady, A. (2014). Jaminan kesehatan universal dan pemenuhan hak kesehatan. Jakarta: BP Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Idris, H., Trisnantoro, L., & Satriawan, E. (2015). Perluasan Kepesertaan Jaminan Kesehatan Bagi Pekerja Sektor Informal (Studi Evaluasi Pra dan Pasca Jaminan Kesehatan Nasional). Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 4(4), 138-145.

Malik, A. A. (2019). Implementasi Kebijakan Diskresi pada Pelayanan Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (Bpjs). Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 1-8.

Putri, D. U. P. (2017). Hubungan Responsiveness Dan Assurance Dengan Kepuasan Pasien Pemegang (Kis) Kartu Indonesia Sehat. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 6(1), 38-41.

Santoso, L. (2015). Problematika Sistem Jaminan Kesehatan Nasional Pasca Reformasi Di Indonesia. Judicia Jurnal Studi Hukum, (1), 97-125.

Shihab, A. N. (2018). Hadirnya Negara Di Tengah Rakyatnya Pasca Lahirnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (The Presence Of The State Among People After The Declaration Of Law Number 24 Year 2011 Concerning Social Security Administering Agency). Jurnal Legislasi Indonesia, 9(2), 175-190.

Sudrajat, T. (2020). Perlindungan Hukum dan Pemenuhan Hak Pekerja pada Program Jaminan Kesehatan Nasional. Pandecta: Jurnal Penelitian Ilmu Hukum (Research Law Journal), 15(1), 83-92.

Vandawati, Z., Sabrie, H. Y., Pawestri, W. D., & Amalia, R. (2017). Aspek Hukum Kartu Indonesia Sehat. Yuridika, 31(3), 498-5.

Wachid, A., Dewi, E. R., & Tyantaka, A. (2020). Tingkat Kepuasan Peserta Jkn-Kis Yang Menggunakan Dan Tidak Menggunakan Elektronik Data Isian Peserta (E-Dip) Dalam Layanan Pendaftaran Bpjs Kesehatan. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 7(2), 104-118

Published

2020-10-15