Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Toyota (Studi Kasus Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin)

Authors

  • Muhammad Riadi Magister Manajemen Universitas Muslim Indonesia
  • Jeni Kamase Universitas Muslim Indonesia
  • M. Mapparenta Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/jms.v2i1.320

Keywords:

Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Kepuasan konsumen

Abstract

Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variable harga, promosi, kualitas layanan mobil merek Toyota berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan regresi linear sebagai unit analisis datanya. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diuji pada 52 sample. Hasil pada studi ini menyatakan bahwa harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, sedangkan promosi dan kualitas layanan tidak berpengaruh positif.

References

Atmawati, R dan M, Wahyudin. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mall. Surakarta: Jurnal Daya Saing, Program MM-UMS.

Aritonang, R Lerbin. 2005, Kepuasan Pelanggan, Pengukuran Dan Penganalisaan Dengan SPSS, edisi pertama, Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Arifin, M. Y. R. (2019). Perekonomian Nasional Dalam Perspektif Undang-Undang Dasar 1945 Negara Republik Indonesia. Celebes Equilibrum Journal, 1(1), 26-31.

Angipora, Marius P. 2008. Dasar-dasar Pemasaran, edisi Pertama. cetakan Pertama Penerbit: Raja Grafindo Persada. Jakarta

Assauri, Sofjan, 2008. Manajemen Pemasaran, edisi revisi, cetakan ketujuh, Penerbit : RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Barata, Atep Adya, 2004, Dasar-dasar Pelayanan Prima, cetakan kedua, Penerbit: Elex Media Komputindo, Jakarta.

Buchari Alma, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Diputra 2007, Analisis pengaruh kualitas pelayanan jasa dan penetapan harga terhadap loyalitas konsumen pada Hotel Arwana di Jakarta.

Firman, A., Putra, A. H. P. K., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. (2020). Re-conceptualization of Business Model for Marketing Nowadays: Theory and Implications. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(7), 279-291.

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, edisi Keempat, Penerbit: Universitas Diponegoro. Semarang

Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Manajemen Pemasaran, edisi kedua, cetakan keenam. Penerbit : BPFE: Yogyakarta.

Hartono, Jogiyanto. 2004. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman - pengalaman. Edisi 2004/2005. Yogyakarta: BPFE UGM.

Hamdani A, Lupiyoadi, Rambat, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, edisi kedua, cetakan pertama, Penerbit : Salemba Empat, Jakarta

Haming, M., Murdifin, I., Syaiful, A. Z., & Putra, A. H. P. K. (2019). The application of SERVQUAL distribution in measuring customer satisfaction of retails company. The Journal of Distribution Science, 17(2), 25-34.

Hasan Ali, 2008, Marketing, cetakan pertama, Penerbit : MedPress, Yogyakarta

Husein Umar, 2005, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Penerbit : Raja Grafindo Persada, Jakarta

Irawan, Handi, 2004, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, cetakan kelima, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Krisna Mahendraswara 2011, Studi Terhadap Kualitas Pelayanan di Hotel Grand Candi Semarang.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi ketigabelas, jilid dua, Penerbit : Erlangga, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Lisda Rahmasari 2008, Analisis Pengaruh Harga Lokasi, Pelayanan, Fasilitas dan promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Hotel di Semarang.

Modding B dan Kallebe A. 2017. Pemasaran Strategik dan Taktikal. Makassar. Pustaka Refleks.

Muh. Yunus, Bandu. 2013. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. PLN (Persero) Rayon Makassar Barat”. Skripsi Sarjana Makassar Universitas Hasanuddin.

Putra, A. H. P. K., Said, S., & Hasan, S. (2017). Implication Of External And Internal Factors Of Mall Consumers In Indonesia To Impulsive Buying Behavior. International Journal of Business Accounting and Management ISSN, 2(4), 1-10.

Rangkuti, Freddy. 2004. Riset Pemasaran, Cetakan Kelima, PT. Gramedia. Pustaka Utama, Jakarta.

Ratih Hardiyati, 2011, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen menggunakan jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran.

Razak, M., Hidayat, M., Launtu, A., Putra, A. H. P. A. K., & Bahasoan, S. (2020). Antecedents and consequence of brand management: empirical study of Apple’s brand product. Journal of Asia Business Studies.

Sangaji Etta Mamang dan Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Andi Yogyakarta

Simamora, Bilson. 2008. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran yang Efektif dan Profitable, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sunyoto Danang, 2013, Perilaku Konsumen, (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen), cetakan pertama, Penerbit : CAPS, Yogyakarta

Sugiyono, 2011, Statistik Untuk Penelitian, cetakan kesembilanbelas, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Siswanto Sutojo, 2009, Manajemen Pemasaran, edisi kedua, Penerbit : Damar Mulia Pustaka, Jakarta.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE, Yogyakarta.

Tjiptono, fandy , 2004. Kepuasan dalam Pelayanan. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Udy Karya Prihantono, 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Fisik dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel

Wijaya Tony, 2011, Manajemen Kualitas Jasa, cetakan pertama, Penerbit : Indeks, Jakarta.

Published

2021-01-28