Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Dokter Praktik Perorangan (DPP) BPJS Kesehatan Cabang Makassar

Authors

  • St. Umrah Nurdin Magister Manajemen Universitas Muslim Indonesia
  • Mahfudnurnajamuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Arman Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/jms.v2i1.368

Keywords:

Kepuasan, Kehandalan, Ketanggapan, Empati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk menganalisis pengaruh kehandalan, ketanggapan dan empati terhadap kepuasan peserta JKN di dokter praktik perorangan BPJS Kesehatan Cabang Makassar, dan (2) Untuk mengetahui variabel yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan peserta JKN di dokter praktik perorangan BPJS Kesehatan Cabang Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Makassar. Dalam penelitian ini populasi terdiri dari seluruh peserta JKN dan dokter praktik perorangan pada BPJS Kesehatan Cabang Makassar. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 97 orang responden peserta JKN dengan menggunakan teknik purposive sampling atau secara sengaja karena dianggap mampu mewakili populasi yang ada Variabel kehandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta JKN di dokter praktik perorangan BPJS Kesehatan cabang Makassar Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehandalan, ketanggapan dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta JKN di dokter praktik perorangan BPJS Kesehatan Cabang Makassar. Variabel kehandalan yang memberikan pengaruh dominan terhadap kepuasan peserta JKN di dokter praktik perorangan BPJS Kesehatan Cabang Makassar, dimana kehandalan memiliki angka beta atau standardized coefficient  yang lebih besar dari variabel lainnya.

References

Algifari, 2007. Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi. BPFE UGM, Yogyakarta.

Azwar, A., 2006. Menjaga Mutu pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah,. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Charles Nurmand and Axel Weber, 2004. Social Health Insurance,International Labour Office, Geneva.

Departemen Kesehatan RI., 2006. Kebijakan Pengembangan Pelayanan Dokter Keluarga Sebagai Pelayanan Yang Bermutu Dan Efisien. Dit. Bina Pelayanan Medik Dasar Depkes RI.

Djarwanto dan Pangestu Subagyo, 2003. Statistik Induktif. BPFE, Yogyakarta.

Firman, A., & Putra, A. H. P. K. (2020). The Effect of Social Media Utilization, Campus Environment and Entrepreneurship Knowledge on Student Entrepreneurial Interest. Point Of View Research Management, 1(4), 131-143.

Gifari, A.B., 2004. Managemen Umum Rumah Sakit, Managemen Perumahsakitan. Irsjan. Jakarta.

Handi Irawan, 2002, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Elekmedia Komputindo, Jakarta

Irawan. H. 2008. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kusnanto, H., 2000. Dokter Keluarga : Penjaga Gawang Pelayanan Kesehatan. JMPK UGM, Yogyakarta.

Lukmana. D., 2006. Kajian Kepuasan Peserta Wajib PT. Askes Dalam Kinerja Perspektif Pelanggan Pada Program Asuransi Kesehatan Sosial Di Kota Semarang Tahun 2006 (Studi Kualitatif). Tesis. Program Magister IKM Pasca Sarjana Undip. Semarang.

Masri, S dan Sofyan Effendi, 2001. Metode Penelitian Survei.

Mukti, AG., 2007. Strategi Terkini Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan onsep Dan Implementasi. Pusat Pengembangan Sistem Pembiayaan Dan Managemen Asuransi Jaminan Kesehatan. FK UGM. Yogyakarta.

---------, 2007. Reformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan Di Indonesia Dan Prospek Kedepan. Magister Kebijakan Pembiayaan Dan Managemen Asuransi / Jaminan Kesehatan. FK UGM. Yogyakarta.

M. Yunus, 2008. Pengaruh Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Dokter Keluarga di Kota Palu. (Tesis), Program Pascasarja Universitas Hasanuddin, Makassar.

OLILINGO, F. Z., & PUTRA, A. H. P. K. (2020). How Indonesia Economics Works: Correlation Analysis of Macroeconomics in 2010-2019. The Journal of Asian Finance, Economics and Business (JAFEB), 7(8), 117-130.

PT. Askes Indoesia, 2003, Pedoman Pelayanan Rawat Jalan Tk. I Oleh Dokter Keluarga Bagi Peserta BPJS Kesehatan Sosial., PT Askes, Jakarta.

----------, 2007, Pedoman Administrasi Kepesertaan Askes Sosial , PT Askes, Jakarta.

PT Askes (Persero), 2003. Pedoman Pelayanan Rawat Jalan Tk.I Oleh Dokter Keluarga Bagi Peserta BPJS Kesehatan Sosial.

PT Askes (Persero), 2008. Pedoman Administrasi dan Kepesertaan Askes Sosial. PT Askes (Persero) Kantor Pusat, Jakarta.

Rusady, Maya Amiamy, 2010. Alternatif Pelayanan Kesehatan Berbasis Dokter Keluarg. Info Askes, Juni 2010.

Sabarguna B.S., 2004. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Konsorsium, RSI Jateng

Santoso, S., 2000. SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional,. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Singgih Santoso, 2000. Metode Statistika; Untuk Bisnis dan Ekonomi. Gramedia Pustaka, Jakarta.

Suharsimi, A., 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Sulastomo, 2003. Managemen Kesehatan.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sulisyanti, 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Ternate. Tesis. Program Magister IKM Pasca Sarjana Undip. Semarang.

Supranto,J., 2007. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Penerbit Rineke Cipta. Jakarta.

Sutresno, 2008. Pengaruh kualitas pelayanan dokter keluarga terhadap kepuasan Peserta BPJS Kesehatan pada Rumah Sakit Umum Daerah Pangkep. (Tesis), Program Pascasarja Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sunyoto, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka, Jakarta.

Thabrany, Hasbullah., 2001. Introduksi Asuransi Kesehatan. Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan IDI. Jakarta.

Umar, Husein, 2005. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Jakarta Business Research Center. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Penerbit Ariloka, Surabaya

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Penerbit Ariloka, Surabaya

Pohan LS., 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Wijono, Djoko. 2002. Managemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Airlangga University Press. Surabaya.

Yakobalis. S., 2000. Kumpulan Tulisan Terpilih RS Indonesia dan Dinamika Sejarah, Transparansi, Globalisasi dan Krisis Nasional, Yayasan Penerbit IDI, Jakarta.

Published

2021-02-22