Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Kota Makassar, Tahun 2016

Authors

  • Sutrisno K Djawa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Muhammadiyah Luwuk

Keywords:

Bauran Pemasaran, Keputusan Untuk Berkunjung, Wisatawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membawa kota Makassar dan peningkatan signifikan dalam jumlah pengunjung atau wisatawan. Selanjutnya, untuk mengetahui faktor-faktor apa yang dapat mempengaruhi keputusan wisatawan berkunjung di kota Makassar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif di mana lokasi di Benteng Rotterdam dan Pantai Losari, di Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) kegiatan promosi kurang mampu menarik minat wisatawan berkunjung sehingga (2) tidak mampu mendatangkan dan meningkatkan jumlah wisatawan secara signifikan dan (3) secara berurutan paling berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan adalah produk, distribusi (tempat / titik), harga, dan promosi (5) dan yang paling memberikan dampak paling besar adalah produk sebagai variabel X1.

This study aims to find out how to be able to bring the city of Makassar and its significant increase in the number of visitors or tourists. Furthermore, to discover what factors are able to influence decisions visiting tourists in the city of Makassar. The method used is descriptive quantitative and qualitative where the location on Fort Rotterdam and Losari Beach, in Makassar. The results of this study showed that, (1) the promotion activity is less able to attract visiting tourists so that (2) is not able to bring and increase the number of tourists significantly and (3) sequentially the most influence on decision of visiting tourists is a product, distribution (place / point), price, and promotion (5) and most provide most impact is the product as a X1 variable.

References

Aaker, D. A. (2013), Manajemen Strategis, Edisi 8, Salemba Empat, Jakarta.

Abdullah, T. dan Tantri, F. (2012), Manajemen Pemasaran, Cetakan ke I, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Assauri, S (2011), Manajemenn Pemsaran, Cetakan II, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ferdinand, A. (2013), Metode Penelitian Manajemen, Edisi 4, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Juniar, P.A.G. (2012). Pengaruh Kualitas produk Wisata terhadap Kepuasan dan Motivasi Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara di Kaawasan Tanjung Bira, Kab. Bulukumba. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Kotler, P. (2000), Marketing, Alih Bahasa: Herujati Purwoko, UNDIP Semarang, Erlangga, Surabaya.

Kotler, P. & Keller, K. (2009), Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jlid I. Indonesia PT Macanan Jaya Cemerlang, Surabaya.

Malhotra, N.K., (2009), Riset Pemasaran Pendekatan Terapan, Alih Bahasa: Soleh Rusyadi Maryam, Edisi 4, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta.

Mariotti, J, (2003), Marketing, Prestasi Publisher, Jakarta.

Modding, B, (2012), Pemasaran Strategik, Edisi 1, Cetakan 1, PT. Umitoha Ukhuwah Grafika, Makassar.

Pearce II, J.A, and Richard B.R. Jr, (2013), Manajemen Strategi, Penerjemah: Nia Pramita Sari, Edisi 12 Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.

Peter J.P., and jerry C.O., (2013), Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi 9, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.

Rangkuti, F. (2013), Riset Pemasaran, Cetakan 11, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiono, (2010), Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Kesembilan, Alfabeta, Bandung.

Sugiono, (2009), Metode Penelitian Bisnis ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Alfabet, Bandung.

Swastha, B. dan Irawan, (1997), Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan 5, Liberty Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2008), Strategi Pemasaran, Edisi 3, Andi, Yogyakarta.

Published

2020-06-18