Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar

Authors

  • Feky Reken Magister Manajemen Universitas Muslim Indonesia
  • Basri Modding Universitas Muslim Indonesia
  • Ratna Dewi Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Digital Marketing, Website, Social Media, Email Marketing, Peningkatan Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menguji dan menganalisis  pengaruh pemasaran digital melalui websites terhadap peningkatan penjualan pada Ciputra Tallasa JO Makassar. (2) menguji dan menganalisis  pengaruh pemasaran digital melalui social media terhadap peningkatan penjualan pada Ciputra Tallasa JO Makassar. (3) menguji dan menganalisis  pengaruh pemasaran digital melalui email marketing terhadap peningkatan penjualan pada Ciputra Tallasa JO Makassar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 Customer CitraLand Tallasa City Makassar yang melakukan pembelian unit secara online atau melalui digital marketing. Data diuji dengan menggunakan analsis regresi linear berganda melalui alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemasaran digital melalui websites berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap peningkatan penjualan pada Ciputra Tallasa JO Makassar. (2) pemasaran digital melalui social media berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan pada Ciputra Tallasa JO Makassar. (3) pemasaran digital melalui email marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap peningkatan penjualan pada Ciputra Tallasa JO Makassar.

This study aims to: (1) test and analyze the effect of digital marketing through websites on increasing sales at Ciputra Tallasa JO Makassar. (2) test and analyze the effect of digital marketing through social media on increasing sales at Ciputra Tallasa JO Makassar. (3) test and analyze the effect of digital marketing through email marketing on increasing sales at Ciputra Tallasa JO Makassar.  The sample used in this study is 40 CitraLand Tallasa City Makassar customers who purchase units online or through digital marketing. Data were tested using multiple linear regression analysis through SPSS analysis tools. The results showed that: (1) digital marketing through websites had a positive and not significant effect on increasing sales at Ciputra Tallasa JO Makassar. (2) digital marketing through social media has a positive and significant effect on increasing sales at Ciputra Tallasa JO Makassar. (3) digital marketing through email marketing has a positive and insignificant effect on increasing sales at Ciputra Tallasa JO Makassar

References

Alhasanah, J. U. (2014). Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen Www. Getscoop. Com). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2).

Dann, S., & Dann, S. (2011). E-Marketing: Theory And Application. Macmillan International Higher Education.

Eko, J. C. P., & Chandra, J. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Melalui Sosial Mediadan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Remaja Di Indonesia).

Ghozali, I. (2014). Ekonometrika: Teori, Konsep Dan Aplikasi Dengan Ibm Spss 22. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9-14.

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193-213.

Jones, R. T., Robeson, M. S., Lauber, C. L., Hamady, M., Knight, R., & Fierer, N. (2009). A Comprehensive Survey Of Soil Acidobacterial Diversity Using Pyrosequencing And Clone Library Analyses. The Isme Journal, 3(4), 442-453.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Reinartz, W., Thomas, J. S., & Kumar, V. (2005). Balancing Acquisition And Retention Resources To Maximize Customer Profitability. Journal Of Marketing, 69(1), 63-79.

Riyantoro, B., & Harmoni, A. (2012). Pengukuran Efektivitas Pengembangan Desain Menggunakan Model Epic. Jurnal Efektivitas Iklan Melalui Jejaring Sosial Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Keripik Pedas Maicih Dengan Menggunakan Metode Epic.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, Cv.

Zahara, A. (2019). Effect Of Individual Capacity, Workload And Work Environment On The Performance Of Employees (Doctoral Dissertation, Universitas Lampung).

Published

2020-08-12

Issue

Section

Articles