Pengaruh Persepsi, Layanan Dan Keamanan Sistem Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Aplikasi Mobile Banking

Authors

  • Nur Andayani Magister Manajemen Universitas Muslim Indonesia
  • Basri Modding Universitas Muslim Indonesia
  • Amir Mahmud Universitas Muslim Indonesia

Keywords:

Persepsi, Layanan, Keamanan Sistem, Minat Nasabah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi terhadap minat nasabah untuk melakukan transaksi ulang pada aplikasi mobile banking, 2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh layanan terhadap minat nasabah untuk melakukan transaksi ulang pada aplikasi mobile banking, dan 3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keamanan sistem terhadap minat nasabah untuk melakukan transaksi ulang pada aplikasi mobile banking. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kausal yang bersifat explanatory. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah untuk melakukan transaksi ulang pada aplikasi mobile banking pada BRI Kanca Tamalanrea, hal ini menunjukkan bahwa semakin baik persepsi yang dimiliki nasabah, maka semakin tinggi pula minat nasabah untuk melakukan transaksi ulang pada aplikasi mobile banking pada BRI Kanca Tamalanrea, 2) Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah untuk melakukan transaksi ulang pada aplikasi mobile banking pada BRI Kanca Tamalanrea, hal ini menunjukkan bahwa semakin baik layanan yang diberikan karyawan, maka semakin tinggi pula minat nasabah untuk melakukan transaksi ulang pada aplikasi mobile banking pada BRI Kanca Tamalanrea, dan 3) Keamanan sistem berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah untuk melakukan transaksi ulang pada aplikasi mobile banking pada BRI Kanca Tamalanrea, hal ini menunjukkan bahwa semakin baik keamanan sistem BRImo, maka semakin tinggi pula minat nasabah untuk melakukan transaksi ulang pada aplikasi mobile banking pada BRI Kanca Tamalanrea.

The objectives of this study were 1) to determine and analyze the effect of perceptions on customer interest in re-transactions on mobile banking applications, 2) to determine and analyze the effect of services on customer interest in re-transactions on mobile banking applications, and 3) to determine and analyze the effect of system security on customer interest in re-transactions on the mobile banking application. The research approach is a causal approach that is explanatory. The analytical method used in this research is the multiple regression analysis method. The results showed that 1) Perception has a positive and significant effect on customer interest in re-transactions on the mobile banking application at BRI Kanca Tamalanrea, this indicates that the better the perception of the customer, the higher the customer's interest in re-transacting on the application. mobile banking at BRI Kanca Tamalanrea, 2) Services have a positive and significant effect on customer interest in re-transactions on mobile banking applications at BRI Kanca Tamalanrea, this shows that the better the service provided by employees, the higher the customer's interest in making transactions repeat on the mobile banking application at BRI Kanca Tamalanrea, and 3) System security has a positive and significant effect on customer interest in re-transactions on the mobile banking application at BRI Kanca Tamalanrea, this shows that the better the security of the BRImo system, the higher the pu He is interested in customers to re-do the mobile banking application at BRI Kanca Tamalanrea.

References

Adi, P. Fadli, Saleh, F.M. Zahra F. dan Afdhalia. N. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Akun Nabelo. Vol 2 No 1. Universitas Tadulako.

Ayu. W. (2018). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Nasabah Menabung di Bank Syariah. Jurnal. UIN Raden Intan Lampung.

Budi. R. (2015). Keamanan Sistem Informasi Bebasis Internet. PT. Insan Indonesia. Jakarta.

Ghozali, I. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Penerbit: Badan Penerbit UnDip. Semarang.

Herlambang, A. D. dan Arimbi. D. (2018). Minat Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasia Asia. Vol 12 No 01. Universitas Brawijaya.

Indonesia, (1998). Undang-undang Pasal 1 angka 28 UU 10/1998, tentang Perlindungan Nasabah.

Kotler, P. (2012). MarketingManagement: Analysis, Planning, Implamentation, and Control. 11th edition (New Jersey: Prantice-Hall International Inc.

Maulana, R, Iskandar dan Masrura. M. (2018). Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Menggunakan Technology Accept Model. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Vol 2 No 2. UIN Ar-Raniry Aceh.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia. Malang.

Umar, H, (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Published

2020-08-29

Issue

Section

Articles