Analisis Rasio Asset Lancar, Rasio Utang Dan Tingkat Perputaran Modal Terhadap Kemampuan Memperoleh Laba Pada Perusahaan Industri Logam Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 - 2018

Authors

  • Muhammad Syauqi Said Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/tatakelola.v8i2.470

Keywords:

Rasio Asset Lancar, Rasio Utang, Tingkat Perputaran Modal, Kemampuan Memperoleh Laba

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Rasio Asset Lancar, Rasio Utang Dan Tingkat  Perputaran  Modal Terhadap Kemampuan  Memperoleh Laba Pada Perusahaan Industri Logam Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018, Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Data yang diambil dengan cara mengunduh laporan keuangan dari perusahaan industri logam yang terdaftar di bursa efek Indonesia sebanyak 14 perusahaan. Dan selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan program SPSS.

References

A. Kurniawan, 2016. Pengaruh likuiditas, Solvabilitas dan Aktivitas terhadap Profitabilitas pada perusahaan perbankan yang tercatat di bursa efek Indonesia. Tesis Pascasarjana Univeritas Muslim Indonesia, Makassar.

Brigham, Eugene F dan Houston. 2006. Fundamental of FinancialManagement: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Brigham dan Houston, 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Buku 1 (Edisi 1). Jakarta : Salemba Empat.

Dilla Ayu Puspita, 2018. Analisis Pengaruh Aktivitas, Solvabilitas Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas, Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung.

Harahap, Sofyan Syafri. 2006. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Henny Anita Siallagan Dan Catur Fatchu Ukhriyawati, 2016. Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Aktivitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 – 2014, Skiripsi Universitas Riau Kepulauan Batam.

I Made Sudana, 2009. Manajemen Keuangan. Buku Penerbit Erlangga. Edisi Pertama.

Kasmir. (2012), Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kumala Jodie Pranata Limarjo, 2012. Pengaruh Efisiensi Modal Kerja Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan Rokok Di Indonesia (Studi Kasus pada Industri Rokok Go-Public yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2004-2011). Universitas Hasanuddin Makassar.

Mabwe Kumbirai, Robert N.Webb, 2010 . A financial ratio analisys of commercial bank performance in south africa. Journal Semantic Scholar.

Munawir, S. 2010. Analisis laporan Keuangan Edisi keempat. Cetakan Kelima Belas. Yogyakarta: Liberty

Suad Husnan, 2013 Manajemen Keuangan. Modul Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2011. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Published

2021-04-06

Issue

Section

Articles