Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Fisik (Healthscape) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUP dr. Tadjuddin Chalid Makassar Tahun 2023
The Influence of Service Quality and Physical Environment (Healthscape) on Inpatient Satisfaction at RSUP dr. Tadjuddin Chalid Makassar in 2023
DOI:
https://doi.org/10.52103/jahr.v5i1.1572Keywords:
Kualitas Pelayanan, Lingkungan Fisik, Healthscape, Kepuasan PasienAbstract
ABSTRAK
Latar Belakang: Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk serta penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan porfesi yang ada. Healthscape mendefinisikan pelayanan khusus untuk setiap layanan kesehatan dan mengacu pada hal-hal nyata yang ditangkap melalui indra penglihatan, penciuman, suara, rasa, dan sentuhan.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh ketepatan waktu, kecepatan respon, sikap sopan santun, kepedulian, sarana dan prasarana, aspek kualitas pelayanan, suhu ruangan, kebisingan, kebersihan, dan visual, tata letak ruangan dan peralatan, rambu petunjuk arah dan dekorasi ruangan, serta aspek lingkungan fisik (Healthscape) terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar.
Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian sebanyak 144 responden dan sampel penelitian ini 109 orang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan Regresi Linear Berganda menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil: Terdapat pengaruh yang signifikan yaitu, ketepatan waktu petugas (p=0,032), sikap sopan santun petugas (p=0,000), sarana dan prasarana (p=0.035), suhu ruangan, kebisingan, kebersihan, visual (p=0,009), rambu petunjuk arah dan dekorasi ruangan (p=0,004). Adapun aspek kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah sikap sopan santun petugas dan pada aspek lingkungan fisik yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah rambu petunjuk arah dan dekorasi ruangan.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh ketepatan waktu petugas, sikap sopan santun petugas, sarana dan prasarana, suhu ruangan, kebisingan, kebersihan, visual serta ambu petunjuk arah dan dekorasi ruangan terhadap kepuasan pasien.
ABSTRACT
Background: Quality health services are health services that can satisfy every user of health services in accordance with the average satisfaction level of the population and its implementation in accordance with the existing code of ethics and porfesi service standards. Healthscape defines specific services for each health service and refers to real things that are captured through the senses of sight, smell, sound, taste, and touch.
Objective: To determine the effect of timeliness, speed of response, courtesy, caring, facilities and infrastructure, aspects of service quality, room temperature, noise, cleanliness, and visuals, room layout and equipment, direction signs and room decoration, as well as aspects of the physical environment (Healthscape) on the satisfaction of inpatients of Dr. Tadjuddin Chalid Hospital Makassar.
Method: This type of research is quantitative with a cross sectional study approach. The study population was 144 respondents and the sample of this study was 109 people. Data collection methods using questionnaires. The collected data were analyzed with Multiple Linear Regression using the SPSS application.
Results: There is a significant influence, namely, punctuality of officers (p = 0.032), courtesy of officers (p = 0.000), facilities and infrastructure (p = 0.035), room temperature, noise, cleanliness, visual (p = 0.009), direction signs and room decoration (p = 0.004). The aspect of service quality that has the most influence on patient satisfaction is the courtesy of officers and in the aspect of the physical environment that has the most influence on patient satisfaction is direction signs and room decoration.
Conclusion: There is an influence of officer punctuality, officer courtesy, facilities and infrastructure, room temperature, noise, cleanliness, visual and ambu directions and room decoration on patient satisfaction.
References
Depkes. Pembangunan Kesehatan. Galang Tanjung. 2008;
ChunK S, Nam Y. A public healthscape framework for assessing geriatric long-term care public hospitals in South Korea by a Delphi expert consultation. Build Environ [Internet]. 2019;165. Available from: https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0360132319305013
Sinollah, Masruro. Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen ). J Dialekt. 2019;4(1):45–64.
Parasuraman A, Zeithaml VA, Berry LL. Reassessment of Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality: Implications for Further Research. J Mark. 2003;58(1):111.
Aswin Agustiansyah, Mus AR, Mahfudnurnajamuddin. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Tingkat Lanjutan Di Rumah Sakit Umum St. Madyang Kota Palopo. Tata Kelola. 2021;8(1):36–65.
Ashdaq M, Aris V, Taufik M, Mandasari NF. Peran Kualitas Pelayanan Berbasis Digital Dalam Mendukung Kepercayaan Penumpang Maskapai Berbiaya Rendah Masa Kenormalan Baru Di Indonesia. J Bisnis, Manajemen, dan Inform | [Internet]. 2023;19(3):176–92. Available from: http://journal.unhas.ac.id/index.php/jbmi/article/view/24209/9258
Bharata A, Diana S, Nurwidji N, Anggreni D. Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap saat Post Pandemi COVID-19. J Telenursing. 2023;5(1):227–37.
Kosnan W. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. J Ekon Bisnis, dan Akunt. 2020;21(4).
Hasibuan SA, Zulfendri, Aulia D. The Influence Of Quality Service With The Satisfaction Of Patients In The Infection Of The Disease RSUD Dr. Djoelham Binjai. J Kesmas Jambi. 2019;3(1):24–30.
Walukow DN, Rumayar AA, Kandou GD. Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pineleng Kabupaten Minahasa. Kesmas. 2019;8(4):62–6.
Amir Mahmud. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Mirai Manag. 2022;7(2 (2022)):104–19.
Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit 1018196/jmmr2016. 2017;6(1):9–15.
Setianingsih A, Susanti AS. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT. J Menara Med [Internet]. 2021;4(1):22–7. Available from: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/article/view/2199&ved=2ahUKEwja66i_paDtAhU263MBHdUiAsUQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0bUdEhasRIBe0InxidlHJo
Najib K, Nugroho HA, Sholihin M, Fathonah R. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Manajemen, Bisnis dan Ekon. 2022;1(1):35–44.
Rusnoto R, Purnomo M, Utomo TP. Hubungan Komunikasi Dan Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. J Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 2019;10(2):343–9.
Rakhman F, Devi Fitriani A, Jamaluddin J. Pengaruh Lingkungan Fisik Ruang Rawat Inap Kelas Iii Terhadap Kepuasan Pasien Di Rsud Tgk Chik Di Tiro Sigli. J Kesehat Kusuma Husada. 2022;13(1):93–100.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 718/MENKES/PER/XI/1987 TAHUN 1987 TENTANG KEBISINGAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESEHATAN. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 718/Menkes/Per/Xi/1987. 1987.
Suryanti N, Nurhasanah, Ihwan A. Tingkat Kebisingan Akibat Aktivitas Manusia di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Prism Fis [Internet]. 2014;2(2):49–54. Available from: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpfu/article/viewFile/6790/7004
Sedarmayanti S, Rahadian N. Hubungan Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. J Ilmu Adm Media Pengemb Ilmu dan Prakt Adm. 2018;15(1):63–77.
Manengkei B. Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSU GMIM Pancaran Kasih Manado 2016. Paradigma. 2016;4(2).
Wati R. Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rambah Hilir II. Hirarki J Ilm Manaj dan Bisnis. 2021;3(2):296–314.
Indawati N. HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN FISIK DENGAN KEPUASAN PELANGGAN KENTUCKY FRIED CHICKEN ( KFC ) ARION MALL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. 2017.
Lovelock, Christopher, Wirtz J, Mussry J. Pemasaran Jasa, Manusia, Teknologi, Strategi. Edisi Ketu. Erlangga; 2010.
Sulistiawati M, Zulkarnaini Z, Zahtamal Z. Pengaruh Kondisi Kesehatan Lingkungan Terhadap Kepuasan dan Jumlah Kunjungan Pasien di Puskesmas Kota Pekanbaru. Din Lingkung Indones. 2018;5(1):57–62.
Romansyah M. Analisis Korelasi Karbon Monoksida (CO) dan Particullate Metter (PM) dengan Kendaraan Bermotor dan Faktor yang Berhubungan. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL. 2019.
Astuti R, Verizkinawati. The Influence of Leadership and Work Environment on Employee Job Satisfaction at PT. Agro Nusantara Facilities in Medan. J Ilman J Manag Sci. 2019;6(1):26–41.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Journal of Aafiyah Health Research (JAHR)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.