Hubungan Bauran Pemasaran Jasa dengan Loyalitas Peserta pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat Tahun 2023

The Relationship between Service Marketing Mix and Participant Loyalty at the West Sulawesi Branch of the BPJS Employment Office in 2023

Authors

  • Dera Dermawati Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Haeruddin Haeruddin Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Arni Rizqiany Rusydi Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/jahr.v5i2.1644

Keywords:

Service Marketing Mix, Participant Loyalty

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Strategi pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang merupakan suatu kelompok orang yang ingin dicapai oleh perusahaan dan menciptakan suatu bauran pemasaran yang cocok dan yang dapat memuaskan pasar sasaran tersebut. Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan price. Namun juga mengenai place, people, process, dan physical evidence.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran jasa dengan loyalitas peserta pada kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat.

Metode: Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode Cross Sectional. Populasi sebanyak 797 peserta kunjungan pada kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Provinsi Sulawesi Barat. Jumlah sampel penelitian sebanyak 86 peserta yang diambil dengan menggunakan metode Probability Sampling.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan ada hubungan bauran pemasaran jasa meliputi produk, price, place, promotion, people, physical evidence dan process dengan loyalitas konsumen pada Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Barat dengan nilai p = 0,000.

Kesimpulan: Diharapkan BPJS Ketenagakerjaan dapat melakukan evaluasi mendalam terhadap strategi promosi yang telah dilakukan untuk meningkatkan efektivitasnya. BPJS Ketenagakerjaan mendorong inovasi produk dengan menambahkan fitur atau layanan yang belum ada. Fokus pada pengembangan produk unggulan yang dapat menjadi ciri khas organisasi.

ABSTRACT

Background: Marketing strategy is selecting and analyzing the target market which is a group of people that the company wants to reach and creating a marketing mix that is suitable and that can satisfy the target market. The marketing mix is ​​a unique product, promotion and pricing strategy designed to produce mutually beneficial exchanges with the target market. But now this is increasingly developing not only in terms of product, promotion and price. But also about place, people, process, and physical evidence.

Objective: This research aims to determine the relationship between the service marketing mix and participant loyalty at the BPJS Employment West Sulawesi.

Method: This type of descriptive quantitative research uses the Cross Sectional method. A population of 797 participants visited the BPJS Employment Office, West Sulawesi Province Branch. The total research sample was 86 participants taken using the Probability Sampling method.

Results: The research results showed that there was a relationship between the service marketing mix including product, price, place, promotion, people, physical evidence and process with consumer loyalty in West Sulawesi Province Employment with a value of p = 0.000.

Conclusion: It is hoped that BPJS Employment can carry out an in-depth evaluation of the promotional strategies that have been carried out to increase their effectiveness. BPJS Employment encourages product innovation by adding features or services that do not yet exist. Focus on developing superior products that can become a characteristic of the organization.

References

Afandi, Y. (2019). Fiqih Muamalah dan Implementasinya dalam Lembaga. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Alma, B. (2019). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Amalia, A. (2022). Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Pemanfaatan Layanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Window of Public Health Journal, 3(3), 423-432. https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/view/24

Anggita, L. a. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan, Loyalitas, Dan Word Of Mouth Pada Peserta Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung. Lampung: Universitas Lampung.

Candra, Y. a. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sale Pisang Purwobakti Muaro Bungo. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 122--138.

Charles W. Lamb, d. (2021). Pemasaran, Buku 1. Jakarta: PT. Salemba Emban Raya.

Denove, C. &. (2019). Satisfaction. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Djaslim, S. Y. (2018). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Ellena, F. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah PT. BRI Persero Tbk. Cabang Pemalang). Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Fandy Tjiptono, &. G. (2018). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Griffin, J. (2018). Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Sutrisno, H. (2020). Pengaruh bpjs ketenagakerjaan dalam meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 78-84.

Harahap, S. &. (2018). Citra Merek, Ekuitas Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas. Jurnal EMBA, 859-870.

Hasugian, J. T. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Telkomsel (Survey Terhadap PelangganTelkomsel di Grapari Samarinda). eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 923:937.

Hazrah, S. a. (2022). Effect of Work Environment and Discipline on Organizational Commitment to BPJS Employment (Case Study of BPJS Employment Branch Medan Utara. Journal of Indonesian Management (JIM), 347--350.

Herawaty, A. (2018). Loyalitas Konsumen: Peran Citra Merek Pasmira Di Gresik. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 17--32.

Hurriyati, R. (2018). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Isa, M. M. (2018). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan dan Minuman di Warung HIK. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20.

Lawfer, M. R. (2018). Why Customers come back. New Jersey: Career Press.

Levy, M. W. (2019). Retailing Management, 10th Edition. United States: McGraw-Hill Education.

Lovelock, C. (2019). Pemasaran Jasa”. Edisi Ke 7. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Maramis, F. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3.

Mokoagow, S. M., Samsualam, S., & Haeruddin, H. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan. Journal of Muslim Community Health, 4(1), 165-180. https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/1198

Morissan. (2020). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Nasution, M. N. (2021). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management,. Bogor: Ghalia Indonesia.

Putra, F. W. (2018). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Rumah Makan Bakmi Tungku Di Kabupaten Badung). Bandung: Udayana University.

Ratna Yulia Wijayanti, K. S. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Anggota Pada KJKS BMT Bina Umat Sejahtera Lasem Cabang Kudus. Jurnal Analisis Manajemen, 131.

Sadiyah, H. (2021). Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Penentu Minat Beli Konsumen. Implementasi Manajemen & Kewirausahaan, 115--125.

Sagir, J. a. (2021). Pengaruh brand ambassador dan country of origin terhadap minat beli konsumen pada skin care Korea. Journal of Economics and Business, 125--142.

Sary, W. I., Rusydi, A. R., & Baharuddin, A. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di RSUD Regional Provinsi Sulawesi Barat. Journal Of Muslim Community Health, 4(2), 15-29. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i2.1202

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Yogyakarta: Andi.

Wright, L. d. (2019). Principles of Service Marketing and Management, 2nd. United States: Prentice Hall.

Published

2024-03-18

How to Cite

Dermawati, D., Haeruddin, H., & Rusydi, A. R. (2024). Hubungan Bauran Pemasaran Jasa dengan Loyalitas Peserta pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sulawesi Barat Tahun 2023: The Relationship between Service Marketing Mix and Participant Loyalty at the West Sulawesi Branch of the BPJS Employment Office in 2023. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 5(2), 79-87. https://doi.org/10.52103/jahr.v5i2.1644