Pengaruh Brand Equity Terhadap Persepsi Pasien Rawat Jalan di RSUD dr. La Palaloi Kabupaten Maros Tahun 2024
The Influence of Brand Equity on Outpatient Perceptions at RSUD dr. La Palaloi Maros Regency in 2024
DOI:
https://doi.org/10.52103/jahr.v5i2.1663Keywords:
Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Aset Merek LainAbstract
ABSTRAK
Latar Belakang: Brand equity RSUD dr. La Palaloi Kabupaten Maros merupakan rumah sakit yang juga merasakan adanya tingkat persaingan yang semakin ketat dengan rumah sakit lainnya. Persaingan yang terjadi bukan hanya dari teknologi peralatan kesehatan, namun juga persaingan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas demi memenuhi kepuasan konsumen yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Keberhasilan dari rumah sakit dapat dilihat dari aspek jumlah kunjungan pasien pada masing-masing rumah sakit.
Tujuan: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Brand Equity terhadap Persepsi Pasien Rawat Jalan di RSUD dr. La Palaloi Kabupaten Maros.
Metode: Penelitian dilaksanakan di RSUD dr. La Palaloi Kabupaten Maros pada tanggal 29 Januari s/d 29 Februari 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat jalan yang berkunjung di poli umum sebanyak 1278 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan sebanyak 93 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling.
Hasil: Menunjukkan terdapat pengaruh brand awareness (kesadaran merek) dengan persepsi pelanggan rawat jalan dengan nilai ρ=0,003<α=0,05. Terdapat pengaruh brand association (asosiasi merek) dengan persepsi pelanggan rawat jalan dengan nilai ρ=0,011<α=0,05. Terdapat pengaruh perceived quality (persepsi kualitas) dengan persepsi pelanggan rawat jalan dengan nilai ρ=0,004<α=0,05. Terdapat pengaruh brand loyalty (loyalitas merek) dengan persepsi pelanggan rawat jalan dengan nilai ρ=0,019<α=0,05. Terdapat pengaruh other proprietary brand asset (aset merek lain) dengan persepsi pelanggan rawat jalan dengan nilai ρ=0,006<α=0,05.
Kesimpulan: Disarankan sebaiknya Rumah Sakit melakukan promosi sehingga RSUD dr. La Palaloi Kabupaten Maros nantinya bukan hanya dikenal oleh masyarakat pernah memanfaatkan pelayanan tetapi juga dikenal pada tingkat top of mind oleh pasien yang akan memanfaatkan pelayanan kesehatan.
ABSTRACT
Background: Brand equity of RSUD dr. La Palaloi, Maros Regency, is a hospital that also experiences an increasingly fierce level of competition with other hospitals. Competition occurs not only from health equipment technology, but also competition in providing quality health services to meet consumer satisfaction which can increase the number of patient visits. The success of a hospital can be seen from the aspect of the number of patient visits to each hospital.
Objective: The aim of this research is to analyze Brand Equity According to the Perceptions of Outpatients at RSUD dr. La Palaloi, Maros Regency.
Method: The research was carried out at RSUD dr. La Palaloi, Maros Regency from January 29 to February 29 2024. The population in this study were all 1278 outpatients who visited the general polyclinic. The sample in this study was 93 outpatients using a purposive sampling technique.
Results: Shows there is an influence of brand awareness (brand awareness) with the perception of outpatient customers with a value of ρ = 0.003 <α = 0.05. There is an influence of brand association (brand association) with the perception of outpatient customers with a value of ρ = 0.011 <α = 0.05. There is an effect of perceived quality with the perception of outpatient customers with a value of ρ = 0.004 <α = 0.05. There is an influence of brand loyalty (brand loyalty) with the perception of outpatient customers with a value of ρ = 0.019 <α = 0.05. There is an influence of other proprietary brand assets with the perception of outpatient customers with a value of ρ = 0.006 <α = 0.05.
Conclusion: It is recommended that hospitals should carry out promotions so that RSUD Dr. La Palaloi, Maros Regency will not only be known by the public who have used the services but will also be known at the top of mind level by patients who will use the health services.
References
Heru. Pengukuran Kinerja Pada Badan Usaha Berbentuk Rumah Sakit (Studi Kasus Pada RSD. Mardi Waluyo). J Kompilek. 2018;4(1).
Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia [Internet]. Pusdatin.Kemenkes.Go.Id. 2022. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Available from: https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-2021.pdf
Giao HNK, Thy NTA, Vuong BN, Van Kiet T, Lien LTP. Outpatient satisfaction at private general hospitals in Ho Chi Minh city, Vietnam. J Asian Financ Econ Bus. 2020;7(7):323–34.
Haeruddin H, Alwi MK, Syamsuddin U. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Minat Kembali di RSUD Haji Makassar. Wind Heal J Kesehat. 2021;4(3):282–8.
Rusydi AR, Palutturi S, Noor NB, Pasinringi SA, Multazam A, Zuardin, et al. Application of good corporate governance principles in public regional hospital of Haji, Makassar. Int J Innov Technol Explor Eng. 2019;9(1):805–8.
Rumbaru UD, Sumarni, Raden Jaka Sarwadhaman. Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Brand Loyalty Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar Tahun 2020. Indones J … [Internet]. 2021;4(1):1–5. Available from: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJHAA/article/view/2146%0Ahttps://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJHAA/article/viewFile/2146/1602
Rusydi AR. Ekuitas Merek Rumah Sakit Tadjuddin Chalid Makassar. J MKMI. 2013;88–94.
Moenir. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia edisi 1. Jakarta: Bumi Aksara; 2019.
Ambalao S, Walean R, Roring M, Rihi ML. Pengaruh Service Quality, Corporate Image dan Perceived Value terhadap Customer Loyalty yang Dimediasi oleh Customer Satisfaction di Rumah Sakit Advent Manado. Aksara J Ilmu Pendidik Nonform. 2022;8(2):853–78.
Aditama. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press); 2018.
Wulur LM, Militina T, Achmad GN. Effect of Service Quality and Brand Trust on Customer Satisfaction and Customer Loyalty Pertamina Hospital Balikpapan. Int J Econ Bus Account Res. 2020;4(01):72–83.
Titen. Hubungan Kualitas Pelayanan Dimensi Servqual dengan Loyalitas Pasien di Poliklinik RSUD Arosuka. 2018.
Ilsa. Analisis Kinerja Rumah Sakit. J AKK. 2019;5(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Journal of Aafiyah Health Research (JAHR)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.