Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perilaku Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut Pasien Poliklinik Gigi RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar Tahun 2024
The Effect of Service Quality and Behavior on Dental and Oral Health of Dental Polyclinic Patients at Dr. Tadjuddin Chalid Hospital Makassar Year 2024
DOI:
https://doi.org/10.52103/jahr.v5i2.1675Keywords:
Kualitas Pelayanan, Perilaku, KKesehatan Gigi dan MulutAbstract
ABSTRAK
Latar Belakang: Kualitas pelayanan rumah sakit dapat diketahui dari penampilan profesional personil, efisiensi dan efeksitas pelayanan yang diberikan. Kesehatan gigi dan mulut sering kali menjadi prioritas yang kesekian bagi sebagian orang. Data kesehatan gigi meliputi indicator status kesehatan gigi, indikator perilaku kesehatan gigi dan indicator jangkauan pelayanan. Upaya kesehatan gigi perlu ditinjau dari aspek lingkungan, pengetahuan, pendidikan, kesadaran dan penanganan kesehatan gigi termasuk pencegahan dan perawatan.
Tujuan: Untuk menganalisis pengaruh kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisik, pengetahuan, sikap dan tindakan terhadap kesehatan gigi dan mulut pasien poliklinik gigi RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar.
Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian ini sebanyak 130 responden dan sampel penelitian ini 98 orang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi logistic biner menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil: Terdapat pengaruh yang signifikan yaitu, kehandalan terhadap kesehatan gigi dan mulut (p=0,008), daya tanggap terhadap kesehatan gigi dan mulut (p=0,005), jaminan terhadap kesehatan gigi dan mulut (p=0,001), pengetahuan terhadap kesehatan gigi dan mulut (p=0.009) dan sikap terhadap kesehatan gigi dan mulut (p=0,010).
Kesimpulan: Terdapat pengaruh kehandalan, daya tanggap, jaminan, pengetahuan dan sikap terhadap kesehatan gigi dan mulut. Direkomendasikan kepada RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar untuk lebih memperhatikan kualitas pelayanan khususnya pada aspek jaminan dan pengetahuan pasien agar dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.
ABSTRACT
Background: The evaluation of hospital service quality is a multifaceted construct, discernible through the professionalism of staff, as well as the efficiency and effectiveness of the provided services. Despite its critical importance, dental and oral health frequently occupies a lower tier of priority for many individuals. Health metrics for dental care include indicators of dental health status, dental health behavior indicators, and service reach indicators. The approach to dental health care should encompass considerations of environmental factors, knowledge, education, awareness, and the management of dental health, including both prevention and treatment.
Objective: To analyze the effect of reliability, responsiveness, assurance, empathy, physical evidence, knowledge, attitudes and actions on the oral health of dental polyclinic patients at Dr. Tadjuddin Chalid Hospital Makassar.
Method: Adopting a quantitative research methodology, this study utilizes a cross-sectional approach. The research population consisted of 130 respondents, with a sample of 98 individuals. Data were collected using questionnaires and analyzed through binary logistic regression using the SPSS software suite.
Results: There is a significant influence, namely, reliability on oral health (p=0.008), responsiveness to oral health (p=0.005), assurance of oral health (p=0.001), knowledge of oral health (p=0.009) and attitudes towards oral health (p=0.010).
Conclusion: The study concludes that reability, responsiveness, assurance, knowledge, and attitude significantly influence dental and oral health. It is recommended for Dr. Tadjuddin Chalid Hospital in Makassar to enhance service quality, particularly focusing on assurance and patient knowledge, to improve dental and oral health outcomes.
References
Muhsanah F, Febiani D, Hikmah N, Nurmisbahullah, Yusuf RA. Perilaku Sehat Masyarakat Bulurokeng Kecamatan Biringkayana Kota Makassar. J Muslim Community Heal [Internet]. 2022;3(2):116–25. Available from: https://doi.org/10.52103/jmch.v23i2.865JournalHomepage:https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch
Kemenkes. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016 [Internet]. 2016. Available from: http://114.6.22.246/239/1/Data-dan-Informasi-Kesehatan-Profil-Kesehatan-Indonesia-2016-smaller-size-web.pdf
Kemenkes. National Health Survey. Science. 2013.
Kemenkes RI. Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI. 2018.
Ahmad F. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Titi Papan Kecamatan Medan Deli Tahun 2019. 2019.
Sondakh BR, Tampi JRE, Tumbel TM. Pengaruh Bukti Langsung, Kehandalan, Jaminan, Daya Tanggap dan Empati, Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas. J Adm Bisnis. 2019;9(3):101.
Wahyuni GT, Misnaniarti, Idris H. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien. J Kesehat. 2022;13(3):010–5.
Suryati, Widjanarko B, Istiarti VT. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. J Kesehat Masy. 2017;5(5):1102–12.
Dopeykar N, Bahadori M, Mehdizadeh P, Ravangard R, Salesi M, Hosseini S. Assessing the quality of dental services using SERVQUAL model. Dent Res J (Isfahan). 2018;15(6):430–6.
Noerchoidah N. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Orenztaxi Di Surabaya). BISMA (Bisnis dan Manajemen). 2018;9(2):80.
Maramis JL, Yuliana NM, Tobeonda FI. Dental and Oral Health Services on Patient Satisfaction At the Dental Clinic in Increasing Patient Satisfaction. JDHT J Dent Hyg Ther. 2023;4(1):18–24.
Pratiwi RP, Misnaniarti M, Idris H. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Puskesmas Akreditasi Paripurna Kota Palembang. 2022.
Boy H, Sari RD, Wijaya W, Wijaya SD. Kepuasan pasien terhadap pelayanan terapis gigi dan mulut di Poli Gigi Puskesmas Rawat Inap Tanjung Kabupaten Muaro Jambi. Ris Inf Kesehat. 2021;10(2):190–5.
Ilmianti I, Irawati E, Auniah A, Febriany M, Aldilawati S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perawatan Gigi di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Kolakaasi Kabupaten Kolaka (Poli Gigi) Tahun 2021. Sinnun Maxillofac J. 2022;4(01):1–13.
Aulia R, Adhani R, Taufiqurrahman I, Isnur H. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Layanan Primer Banjarmasin. DENTINO J Kedokt Gigi. 2017;II(1):95–100.
Yonan H, Widyanti N, Priyono B. Hubungan antara pengetahuan, persepsi dan sikap terhadap kesehatan gigi dengan status kesehatan gigi pada siswa tuna netra di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Wyata Guna Bandung. Sains Kesehat. 2004;18(2).
Ariyanto A. Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pemeliharaan Kebersihan Gigi Dan Mulut di Kelurahan Wonoharjo Kabupaten Tanggamus. J Anal Kesehat. 2019;7(2):744.
Luthfiyyah Ulfa Sari Azikin, A. Muh. Multazam, Yusriani. Analisis Faktor Predisposising Terhadap Kualitas Kesehatan Gigi dan Mulut Melalui Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan. Wind Public Heal J. 2020;1(4):302–9.
Adam JDZ, Harapan IK, Bidjuni M. Gambaran Perilaku Menjaga Kebersihan Gigi Dan MulutPada Anak Sd Kelas V Dan Vi Muhammadiyah MolomparKecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara. JIGIM (Jurnal Ilm Gigi dan Mulut). 2021;4(2):40–6.
Hamdani S, Sadimin, Siregar IH. Pengaruh Perilaku Pelihara Diri Terhadap Status Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Santri Pondok Pesantren Miftahull Ulum Ungaran. 2017;
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Journal of Aafiyah Health Research (JAHR)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.