Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Pelayanan Poli Umum Puskesmas Langgikima, Konawe Utara
Analysis of Factors Associated with Patient Satisfaction Level at General Poli Services of Langgikima Health Center, North Konawe
DOI:
https://doi.org/10.52103/jahr.v5i2.1683Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, PuskesmasAbstract
ABSTRAK
Latar Belakang: Tingkat kepuasaan pelayanan sangat dipengaruhi oleh mutu suatu produk (baik berupa barang maupun jasa) sehingga pengukuran tingkat kepuasan atau suatu produk. Mutu pelayanan menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan yang dimiliki oleh setiap pasien. Kepuasan pasien adalah salah satu indikator mutu pelayanan Puskesmas, kepuasaan pasien akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan mereka. Pelayanan kesehatan perlu dilaksanakan, baik untuk meningkatkan akses maupun mutu pelayanannnya.
Tujuan: Untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di pelayanan poli umum Puskesmas Langgikima, Konawe Utara.
Metode: Rancangan penelitian yang digunakan Cross Sectional Study, penelitian ini menggunakan skala likert dengan total sampel sebanyak 123 pasien. Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian kuantitatif ini ialah Purposive Sampling. Lokasi penelitian yang dipilih adalah poli umum Puskesmas Langgikima yang berlokasi di Jalan Poros Kelurahan Langgikima Kecamatan Langgikima Kab. Konawe Utara. Penelitian ini dilaksanakan selama 30 hari yaitu bulan Desember 2023 - Januari 2024.
Hasil: Menunjukan bahwa waktu pelayanan yang efisien (0,000<0,05), Ketersediaan obat pada saat pelayanan (0,000<0,05), Sarana dan prasarana yang memadai (0,000<0,05), Empati petugas kepada pasien (0,000<0,05), Penyampaian informasi (0,000<0,05) berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di pelayanan Poli Umum Puskesmas Langgikima, Konawe Utara.
Kesimpulan: Waktu pelayanan yang efisien berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien, ketersediaan obat pada saat pelayanan berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien, sarana dan prasarana yang memadai berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien, empati petugas kepada pasien berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien, penyampaian informasi yang jelas oleh petugas kepada pasien berhubungan dengan tingkat kepuasan.
ABSTRACT
Background: The level of service satisfaction is strongly influenced by the quality of a product (both in the form of goods and services) so that the measurement of the level of satisfaction or a product. Service quality refers to the level of perfection of health services in meeting the needs and demands of each patient. Patient satisfaction is one indicator of the quality of Puskesmas services, patient satisfaction will be fulfilled if the services provided are in accordance with their expectations. Health services need to be implemented, both to improve access and quality of service.
Objective: The aim of the study was to analyse the factors associated with the level of patient satisfaction in the general poly service of Puskesmas Langgikima, North Konawe.
Method: The research design used was Cross Sectional Study, this study used a Likert scale with a total sample of 123 patients. Sampling technique used in this quantitative research is Purposive Sampling. The research location chosen was the general poly of the Langgikima Puskesmas which is located on Jalan Poros Kelurahan Langgikima District Langgikima Kab. Konawe Utara. This research was conducted for 30 days, namely December 2023 - January 2024.
Results: The study's findings indicate that the following factors are associated with patient satisfaction at the general polyclinic services of Langgikima Community Health Center, North Konawe: effective service time (0.000<0.05), availability of medications at the time of service (0.000<0.05), adequate facilities and infrastructure (0.000<0.05), staff empathy for patients (0.000<0.05), and information delivery (0.000<0.05).
Conclusion: Efficient service time is related to the level of patient satisfaction, Drug availability at the time of service is related to the level of patient satisfaction, Adequate facilities and infrastructure are related to the level of patient satisfaction, Empathy of officers to patients is related to the level of patient satisfaction, Clear information delivery by officers to patients is related to the level of satisfaction.
References
Misngadi, Sugiarto, Dewi RS. Analisis Kepuasan Pasien Berdasarkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Payo Selincah. J Healthc Technol Med. 2020;6(1):345–52.
Aznira Nurul Hidayah, Muchlis N, Abdullah R. Pengaruh Fasilitas Kesehatan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Pasien Melalui Kualitas Pelayanan Pada Unit Rawat Inap Di RSUD Haji Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. J Aafiyah Heal Res. 2021;2(1):9–20.
Saputra A, Ariani N. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu BPJS di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Borneo Nurs J [Internet]. 2019;1(1):48–60. Available from: https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/1
Hidayat R. Hak Atas Derajat Pelayanan Kesehatan Yang Optimal. Syariah J Huk dan Pemikir. 2016;16(2):127–34.
Yunita N, Gunarti R. Hubungan Kepuasan Keluarga Pasien pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Inap dengan Mutu Pelayanan di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru. J Kesehat Indones (The Indones J Heal. 2022;7(3):148–52.
Yulita R, Safrizal. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Grand Hawaii Hotel Pekanbaru. J Ilm Multidisiplin. 2023;2(01):115–24.
Manopo inggerid agnes, Gurning M. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rsud Scholoo Keyen Kabupaten Sorong Selatan. J eISSN 2548-5970 Vol VII Nomor 2, Meo 2017. 2017;7(2):101–8.
Putri, Narmi R. Hubungan Waktu Tunggu pelayanan Dengan Kepuasan Pada Pasien Rawat. J Ilm Karya Kesehat. 2023;03(2):1–5.
Wijayanti FER, Lidiana EH, Widiastuti A. Hubungan Waktu Tunggu Pasien dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Klinik Mitra Sehat Karanganyar. ASJN (Aisyiyah Surakarta J Nursing). 2023;4(1):40–5.
Nurmiwiyati N, Oktrivina DS A, Aritonang M, Kosasih K. Pengaruh Ketersediaan Obat dan Kualitas Pelayanan Farmasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan (Studi pada Rumah Sakit Ibu dan Anak PKU Muhammadiyah Cipondoh, Tangerang). J Surya Med. 2020;6(1):32–8.
Waldi A, Tasman, Dode H. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pelayanan Pasien Bpjs Di Puskesmas Kemaraya Kota Kendari. MIRACLE J Public Heal. 2019;2(1):10–8.
Molenaar ER, Karamoy H, Wagey F, Surya WS. Studi Korelasional antara Minat Pasien dan Sarana Prasarana Terkait Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit TNI AU Sam Ratulangi Manado. e-CliniC. 2022;11(1):117–23.
Hasan VM. Hubungan Empati dan Keramahan Perawat terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Abeli. J Penelit Sains dan Kesehat Avicenna. 2022;1(1):35–42.
Peratiwi NI, Ithing, Rahayu S, Ambariani. Hubungan Empati Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Sri Pamela Tebing Tinggi. Kesehat dan Kebidanan. 2021;10(2):118–27.
Maryono, Putri IRR, Inayati A. Hubungan Pemberian Informasi pada Pasien Rawat Inap dengan Kepuasan Mutu Pelayanan Pasien di Unit Admisi RSUP DR. Sardjito Yogyakarta. Indones J Hosp Adm. 2020;3(1):27–35.
Hasna H, Irwandy I, Arifah N. Hubungan Kualitas Komunikasi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Hasanuddin J Public Heal. 2022;3(2):155–65.
Ahri, R. A., Puspitasari, A. W., Haeruddin, H., Yuliati, Y., Hardi, I., Yusuf, R. A., Amelia, A. R. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Minat Kembali Pasien Rawat Inap Melalui Kepuasan Sebagai Mediasi Di Rumah Sakit Umum Sisaldjufrie Palu. Jurnal Ekonomika. 2023;7(1):171-184.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Journal of Aafiyah Health Research (JAHR)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.