Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Gigi dan Mulut di UPTD Puskesmas Lakawali Luwu Timur
The Effect of Brand Image, Service Quality and Facilities on Dental and Oral Patient Satisfaction at UPTD Puskesmas Lakawali East Luwu
DOI:
https://doi.org/10.52103/jahr.v5i2.1710Keywords:
Brand Image, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pasien, Gigi dan MulutAbstract
ABSTRAK
Latar Belakang: Data awal yang diperoleh menemukan persentase kunjungan dan rujukan pada pelayanan kesehatan gigi dan mulut UPTD Puskesmas Lakawali Luwu Timur mengalami penurunan selama 5 bulan terakhir pada bulan Januari-Mei tahun 2023. Hasil survey kepuasan pasien pun didapatkan banyaknya jumlah pasien yang tidak puas yaitu 28 (58,3%) pasien yang disebabkan karena kurangnya kelayakan pada brand image, kualitas pelayanan dan fasilitas.
Tujuan: Untuk menganalisis pengaruh brand image, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien gigi dan mulut Di UPTD Puskesmas Lakawali Luwu Timur.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan rancangan penelitian kuantitatif melalui pendekatan Cross Sectional Study yang terdiri dari 117 sampel.
Hasil: Ada pengaruh antara kualitas pelayanan (=0,008 < 0,05) terhadap kepuasan pasien gigi dan mulut Di UPTD Puskesmas Lakawali Luwu Timur; Tidak ada pengaruh brand image (=1,000) dan fasilitas (=1,000) terhadap kepuasan pasien gigi dan mulut Di UPTD Puskesmas Lakawali Luwu Timur.
Saran: Diharapkan kepada organisasi puskesmas harus memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien setiap kali melakukan pemeriksaan ataupun pengobatan karena kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien.
ABSTRACT
Background: Initial data obtained found that the percentage of visits and referrals to the dental and oral health services of the UPTD Puskesmas Lakawali East Luwu has decreased over the last 5 months in January-May 2023. The results of the patient satisfaction survey also found a large number of dissatisfied patients, namely 28 (58.3%) patients, which was caused by a lack of feasibility in brand image, service quality and facilities.
Objective: To analyze the effect of brand image, service quality and facilities on oral and dental patient satisfaction at UPTD Puskesmas Lakawali East Luwu.
Method: The type of research used isfield research with a quantitative research design through a Cross Sectional Study approach consisting of 117 samples.
Results: There is an influence between service quality (=0.008 <0.05) on dental and oral patient satisfaction at UPTD Puskesmas Lakawali East Luwu; There is no influence of brand image (=1.000) and facilities (=1.000) on dental and oral patient satisfaction at UPTD Puskesmas Lakawali East Luwu.
Suggestion: It is expected that health center organizations must pay attention to the quality of services provided to patients every time they conduct examinations or treatment because service quality has a significant influence on patient satisfaction.
References
Abbas J, Kurnaesih E, Aril Ahri R, Prihatin Idris F, Muhammad Multazam A. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan minat kunjungan ulang pasien rawat inap di RSUD Tenriawaru Bone. J Muslim Community Heal 2023 [Internet]. 2023;4(3):52–69. Available from: https://doi.org/10.52103/jmch.v4i3.1124JournalHomepage:https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch
Ahri, R. A., Puspitasari, A. W., Haeruddin, H., Yuliati, Y., Hardi, I., Yusuf, R. A., & Amelia AR. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Minat Kembali Pasien Rawat Inap Melalui Kepuasan Sebagai Mediasi Di Rumah Sakit Umum Sisaldjufrie Palu. J Ekon. 2023;7(1):171–84.
Sainuddin S, Ahri RA, Samsualam. Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Layanan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Binuang Polewali Mandar. JournalofMuslim Community Heal. 2022;3(4):96–105.
Kemenkes RI. Permenkes Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) [Internet]. 2014.
Taurisa A, Muchlis N, Alwi MK. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Tora Belo Kabupaten Sigi & RSU Sis Aldjufrie Palu Sulawesi Tengah. J Muslim Community Heal. 2022;3(3):176–87.
Badjamal FA, Rezal M, Kamal, Latoki L, Ahmad, Said IM, et al. Pengaruh Gaya Hidup Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hanphone Merek Samsung Di Kota Palu. J Ekon Trend. 2021;7(2):1–11.
Yunus, Budiyanto. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. J Ilmu Ris Manaj. 2014;3(12):1–20.
Muhtarom A. Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Profesionalitas Dosen Perguruan Tinggi Agama Islam Provinsi Banten. Tarbawi. 2015;1(2):117–30.
Anggrainy IF, Darsono N, Putra TRI. Pengaruh Fasilitas Kerja, Disiplin Kerja dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Implikasinya pada Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Aceh. J Magister Manaj [Internet]. 2018;2(1):1–10. Available from: http://202.4.186.66/JMM/article/view/10227/8072
Kurniani AT, Priansa DJ. Analisis Swot Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada Indihome Pt. Telekomunkasi Indonesia Witer Solo). e-Proceeding Appl Sci. 2017;3(2):513–20.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Journal of Aafiyah Health Research (JAHR)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.