Pengaruh Mutu Pelayanan SDM Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Pelayanan Rawat Inap RS A. Makassau

The Influence of HR Service Quality on Patient Satisfaction Level at Inpatient Services of RS A. Makassau

Authors

  • Zulfadli Fajrin Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Samsualam Samsualam Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Sumiaty Sumiaty Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/jahr.v5i2.1752

Keywords:

Mutu Pelayanan, Tingkat Kepuasan, Rawat Inap

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Pelayanan kesehatan merupakan upaya kesehatan yang diselenggarakan baik secara perorangan maupun berkelompok dalam suatu organisasi dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit, serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok, ataupun masyarakat. Rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan merupakan tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan dan memelihara, serta meningkatkan derajat kesehatan.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh mutu SDM terhadap tingkat kepuasan pasien di pelayanan rawat inap RS A. Makassau.

Metode: Rancangan penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini 11.439, total sampel sebanyak 312 responden menggunakan teknik pengambilan purposive sampling dengan analisis regresi logistik.

Hasil: Keandalan (reliability) (p=0,000<0,05), daya tanggap (responsiveness) (p=0,000<0,05), jaminan (assurance)  (p=0,000<0,05), empati (empaty) (p=0,000<0,05), bukti fisik (tangibles) (p=0,014<0,05) terhadap kepuasan pasien dan jaminan (assurance) terhadap kepuasan pasien berdasarkan nilai exponent B (30,545).

Kesimpulan: Ada pengaruh antara keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisik terhadap kepuasan pasien dan Jaminan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien, disarankan agar pihak RS untuk meningkatkan mutu pelayanan SDM berdasarkan kelima dimensi pelayanan kesehatan.

 

ABSTRACT

Background: Health services encompass the activities undertaken by individuals or groups within an organization to uphold and enhance health, prevent and treat diseases, and restore the well-being of individuals, families, groups, or communities. A hospital is a facility dedicated to providing health services and promoting the maintenance and improvement of health.

Objective: The objective of this study was to assess the impact of the quality of human resources on the degree of patient satisfaction in the provision of inpatient care services at A. Makassau Hospital.

Method: The research design employed was quantitative, utilizing a cross-sectional study approach. The population in this study consisted of 11,439 individuals, and the total sample size was 312 respondents. The study employed purposive sampling approach and conducted logistic regression analysis.

Results: Reliability (p=0.000<0.05), responsiveness (p=0.000<0.05), assurance (p=0.000<0.05), empathy (p=0.000<0.05), and tangibles (p=0.014<0.05) significantly influenced patient satisfaction. Additionally, based on the exponent value B (30.545), assurance had a significant influence on patient satisfaction.

Conclusion: There was a significant correlation between dependability, responsiveness, assurance, empathy, and physical evidence and patient satisfaction. Specifically, assurance was shown to have the greatest impact on patient satisfaction. As a recommendation, hospitals should enhance the quality of their human resource services by focusing on the five characteristics of health services.

References

Azis, N. A. (2015). Tinjauan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan di Rumah Sakit Aulia Tahun 2017, Akademi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Bhumi Husada Jakarta.

Anggraini N, Alhempi R. (2021). Konsumen PT Hawaii Holiday Hotel Pekanbaru. Jurnal Inovasi Penelitian. doi : https://doi.org/10.56127/jukim.v2i01.455

Andi Asrina, Yusriani Y, Marwono M. (2023). Literasi Kesehatan pada Pasien Penyakit Jantung Koroner (PJK) Di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Journal of Muslim Community Health (JMCH). https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/1143/1361

Effendi K, Junita S. (2020). Tingkat Kepuasan pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Mutiara Tahun 2019. Excellent Midwifery Journal. doi : https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.127

Haswiriani H, Mallingkan JK, Idris FP. Analisis Pelaksanaan Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi (SISMADAK) di Rumah Sakit Dr. Sumantri Kota Pare-pare. Journal of Muslim Community Health (JMCH). 2021. doi : https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/492/543

Haeruddin, Reza AA, Puspitasari AP dkk. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Minat Kembali Pasien Rawat Inap Melalui Kepuasan Sebagai Mediasi Di Rumah Sakit Umum Sisaldjufrie Palu. Jurnal Ekonomika. doi : https://journal.lldikti9.id/Ekonomika/article/view/839

Haeruddin, Alwi K, Syamsuddin U. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Minat Kembali di RSUD Haji Makassar. Window of Health : Jurnal Kesehatan.

Hidayat R. (2016). Hak Atas Derajat Pelayanan Kesehatan yang Optimal. Jurnal Hukum dan Pemikiran.

Manoppo, I. A., & Gurning M., (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Scholoo Keyen Kabupten Sorong Selatan. Jurnal Elektronik. doi : https://2trik.jurnalelektronik.com/index.php/2trik/article/view/7208/51

Maarif I, Haeruddin H, Sumiati S. (2022). Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Pasien. Journal of Muslim Community Health (JMCH). https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/1206

Marzuq N, Andriani H. (2022). Hubungan Service Quality terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan: Literature Review. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Misngadi., Sugiarto & Dewi, R (2020). Analisis Kepuasan Pasien Berdasarkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Payo Selincah. Journal of Healthcare Technology and Medicine. doi : https://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/view/700

Murniaty, E., (2018). Analisis Kepuasan Pasien di Klinik Hj. Tarpiante Sidoarjo. Jurnal Manejerial Bisnis.

Nasrudin AM, Emilia O, Hadijono S dkk. (2019). Analisis Hubungan Clinical Autonomy Terhadap Kepuasan Kerja Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dalam Tindakan Seksio Sesarea Pada Sistem Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Kesehatan Reproduksi. doi : https://doi.org/10.22146/jkr.49209

Nurmiati Muchlis, Hidayah A, Abdullah R. (2021). Pengaruh Fasilitas Kesehatan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Pasien Melalui Kualitas Pelayanan Pada Unit Rawat Inap Di RSUD Haji Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Muslim Community Health (JMCH). doi : https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/485/535

Samsualam, Abdullah A, Haeruddin (2023). Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Berdasarkan Beban Kerja di Instalasi Farmasi RSUD Kota Makassar. Journal of Muslim Community Health (JMCH). https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/1425/1626

Saputra, A. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu BPJS di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjar Baru. Borneo Nursing Journal. doi : https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/1

Sumiaty, S. Maarif, I.,& Haeruddin, H. (2022). Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Pasien . Journal of Muslim Community Health, 4(2), 79-88. doi : https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/1206

Yunita N, Gunarti R. (2022). Hubungan Kepuasan Keluarga Pasien pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Inap dengan Mutu Pelayanan di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru. Jurnal Kesehatan Indonesia.

Yusuf DK, Aryadi P, Masya F. (2020) Aplikasi Poliklinik Berbasis Web WEB (APIK). Jurnal Swabumi.

Zikri A, Harahap MI. Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM. 2022).

Published

2024-06-21

How to Cite

Fajrin, Z., Samsualam, S., & Sumiaty, S. (2024). Pengaruh Mutu Pelayanan SDM Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Pelayanan Rawat Inap RS A. Makassau : The Influence of HR Service Quality on Patient Satisfaction Level at Inpatient Services of RS A. Makassau . Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 5(2), 290-301. https://doi.org/10.52103/jahr.v5i2.1752