Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Klinik Utama DOI 79 Bantayan

The Effect of Marketing Mix on Inpatient Satisfaction at DOI 79 Bantayan Main Clinic

Authors

  • Andi Nur Tenri Ratu Palar Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Haeruddin Haeruddin Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Een Kurnaesih Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/jahr.v5i2.1829

Keywords:

Bauran Pemasaran, Kepuasan Pasien, Rawat Inap, Klinik

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Adanya persaingan bebas saat ini mengakibatkan organisasi harus dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien, sehingga dapat bertahan dan berkembang. Tingkat kepuasan pelayanan sangat dipengaruhi oleh mutu suatu produk (baik berupa barang maupun jasa).  Bauran pemasaran pada saat ini merupakan faktor penting untuk dipertahankan dan dikembangkan. Semakin tinggi tingkat persaingan maka diperlukan adanya manajemen untuk melakukan inovasi dalam upaya mempertahankan pelanggannya.

Tujuan: Untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap kepuasan pasien rawat inap di Klinik Utama Doi 79 Bantayan.

Metode: Rancangan penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini 148, total sampel sebanyak 108 responden menggunakan teknik pengambilan simple random sampling dengan analisis regresi logistic.

Hasil: Product (pelayanan kesehatan), price (tarif pelayanan), place (lokasi pelayanan), promotion (promosi/pemasaran), people (tenaga kesehatan), physical evidence (sarana fisik) dengan nilai p>0,05 sehingga tidak ada pengaruh terhadap kepuasan pasien di unit rawat inap Klinik Utama DOI 79 Bantayan. Sedangkan variabel process (prosedur pelayanan) dengan nilai p=0,000<0,05 sehingga ada pengaruh terhadap kepuasan pasien di unit rawat inap Klinik Utama DOI 79 Bantayan.

ABSTRACT

Background: The existence of free competition today results in organizations having to be able to work more effectively and efficiently, so that they can survive and develop. The level of service satisfaction is strongly influenced by the quality of a product (both in the form of goods and services).  The marketing mix at this time is an important factor to be maintained and developed. The higher the level of competition, the management is required to innovate in an effort to retain its customers.

Objective: To analyze the effect of marketing mix on inpatient satisfaction at the Doi 79 Bantayan Main Clinic.

Method: The research design used was quantitative with a cross sectional study approach. The population in this study was 148, the total sample was 108 respondents using simple random sampling technique with logistic regression analysis.

Results: Product (health services), price (service rates), place (service location), promotion (promotion / marketing), people (health workers), physical evidence (physical facilities) with a value of p>0.05 so that there is no influence on patient satisfaction in the inpatient unit of the DOI 79 Bantayan Main Clinic. While the process variable (service procedure) with a value of p = 0.000 <0.05 so that there is an influence on patient satisfaction in the inpatient unit of the DOI 79 Bantayan Main Clinic.

References

Arifin Udju, Petrus Romeo, & Yoseph Kenjam. (2021). The Correlation between Marketing Mix and Customer Satisfaction in the General Poly Unit at Bhayangkara Hospital, Kupang. Journal of Community Health, 3(3), 103–113. https://doi.org/10.35508/ljch

Astuti Oktaliana, & Leonard Adrie Manafe. (2021). Penerapan Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien Klinik/Praktik Bersama 24 Jam dr.Hadi Susanto. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Bahri, M. Y., & Patimah, S. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu’mang. Journal of Muslim Community Health, 4(4), 180–191.

Dahmiri. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran, Pemasaran Internal dan Orientasi Konsumen Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Daerah H.Abdul Manap Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 11(01).

Danang Sunyoto, & Fathonah Eka Susanti. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Center for Academic Publishing Service (CAPS).

Dian Indraswati, Haeruddin, & Andi Asrina. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelayanan dan Minat Berkunjung Kembali Pasien Umum di Rawat Jalan RSUD Labuang Baji Makassar Tahun 2022. Journal of Muslim Community Health (JMCH) , 4(3), 211–221. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i3.1154

Ela Elliyana, & dkk. (2022). Dasar-Dasar Pemasaran. Penerbit Ahli Media Press. www.ahlimediapress.com

Fandy Tjiptono, & Anastasia Diana. (2022). Manajemen dan Strategi Kepuasan Pelanggan (Edisi I). Penerbit Andi .

Haeruddin, Khidri Alwi, & Umriani Syamsuddin. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Minat Kembali di RSUD Haji Makassar. Jurnal Kesehatan, Vol.4 No.3.

Huda, S., & Yuliati, A. (2022). Analysis of The Relationship of Mix Marketing with Patient Loyalty and Satisfaction In Hospital. Eduvest-Journal of Universal Studies, 2(4), 630–635. http://eduvest.greenvest.co.id

Ibrahim Daud. (2021). Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Indomedika Pustaka. www.indomediapustaka.com

Ihsanul Maarif, Haeruddin, & Sumiaty. (2023). Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Pasien. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 4(2), 79–88. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i2.1206

Ilham Happy Ramadhan, & Sandi Eka Suprajang. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Mitra Husada Kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 3(2), 138–148.

Indriyati, I. N., Daryanto, A., & Oktaviani, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Persepsi Konsumen PT Home Credit Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.4.2.261

Olvin, Jasmin Abbas, Een Kurnaesih, Reza Aril Ahri, Fairus Prihatin Idris, & Andi Muhammad Multazam. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap di RSUD Tenriawaru Bone. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 4(3), 52–69. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i3.1124

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Klinik. (n.d.).

Philip Kotler, & Gary Armstrong. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.

Published

2024-08-12

How to Cite

Palar, A. N. T. R., Haeruddin, H., & Kurnaesih, E. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Klinik Utama DOI 79 Bantayan: The Effect of Marketing Mix on Inpatient Satisfaction at DOI 79 Bantayan Main Clinic. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 5(2), 382-389. https://doi.org/10.52103/jahr.v5i2.1829