Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Selebgram Sebagai Endorser Terhadap Minat Beli Pada Produk Girlsneed di Kota Makassar

Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Muslim Indonesia

Authors

  • Amir Mahmud Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Wesardana Magister Manajemen Universitas Muslim Indonesia
  • Baso Amang Universitas Muslim Indonesia, Makassar

Keywords:

Produk, Harga, Celebrity Endorse, Minat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Beli saat ini pada Konsumen Girlsneed di Kota Makassar dengan judul Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Selebgram Sebagai Endorser Terhadap Minat Beli Pada Produk Girlsneed di Kota Makassar (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Muslim Indonesia) Variabel dalam penelitian ini adalah Produk (X1), Harga (X2), Celebrity Endorse (X3), Minat Beli (Y). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Atribusi. Sampel penelitian ini sebanyak 60 responden. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Mahasiswi angkatan 2021 Universitas Muslim Indonesia. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah dengan menggunakan teknik rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi berganda, uji R Square, uji statistik t, dan uji statistik F. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Kualitas Produk, Harga dan Selebgram Sebagai Endorser berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Minat Beli, kemudian secara bersama-sama Kualitas Produk, Harga dan Selebgram Sebagai Endorser berpengaruh positif dan signifikan.

 

References

A Shimp, Terence. 2002. Periklanan Promosi Pemasaran Terpadu Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Aditya Halim Kusuma, 2018. Celebrity Endorser pada Jejaringan Sosial Instagram untuk Menarik Minat Pembelian Calon Konsumen.

Agus Wijaya, (2017) Pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada PT Sentral Yamaha cabang jawa timur

Ahmad Dan Hermawan, 2013. E-Business & E-Commerce Yogyakarta:Andi

Ahmadi Hermawan, 2013. E-Business & E-Commeece. Yogyakarta,

Ahmed, Ali Farhan Azmat Mir, dan Omer Farooq. 2012. Pengaruh Celebrity Endorser pada Pelanggan yang Membeli Perilaku: Perspektif Dari Pakistan. Interdisipliner Jurnal Penelitian Kontemporer Dalam Bisnis, September 2012 Vol. 4 No. 5. Ijcrb.webs.com

Aldaan Faikar, 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus pada Konsumen Yamaha SS Cabang Kedungmundu Semarang).(Skripsi-S1). Semarang: Universitas Diponegoro.

Andi Lina Pratiwi, 2016. Pengaruh pengunna celebrity endorser terhadap minat beli pengguna media sosial instagram (studi pada Mahasiswa dakwah dan komunikasi)

Anggraini, Lulu Puspita. 2017. Pengaruh Seelebgram Hijabers di Instagram terhadap Kepuasan Pembelian Wardah Exclusive Matte Lipcream See you Matte

Atmoko Bambang Dwi, 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita

Belch, George E & Belch, Michael A. (2004), Advertising and Promotion, Sixth Edition, Mc Graw Hill, New York.

Budi Simamora, (2016) Pengaruh produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada PT. Indah Pontjan Laupakam Kabupaten Karo.

Chinomona, R., Okoumba, L., & Pooe, D. (2013). The Impact of Product Quality on Perceived Value, Trust and Students’ Intention to Purchase Elektronik Gadgets. Mediterranean Jounal of Social Sciences,4 (14), 463-472.

Dhien Alfath Aulya, (2013) Analisis pengaruh Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Coffe Shop Stove Syndicate di Semarang).

Diah Lailatul Awallia, 2018. Pengaruh Testimoni dan Selebgram Endorsment Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo.

Dita Olivia Nurhayati Rachmat, 2016. Pengaruh Celebrity Endorser di Media Sosial Instagram dalam Promosi Produk Hijab terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Akun Instagram @zahratuljannah dan @joyagh) “Influence of Instagram Celebrity Endorsement on Consumer Buying Intention for Hijab Products (A Case Study of @zahratuljannah and @joyagh Instagram Accounts)”.

Elizabeth Stephanie, 2013. Analisis pengaruh Rio Dewanto dan Donita sebagai Celebrity endorser terhadap minat beli produk AXE ANARCHY dengan daya tarik iklan dan efek iklan sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.1 No.2.

Febriana, D., Kumadji, S., & Sunarti. (2014). Pengaruh Work of Mouth terhadap Minat Beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei pada pengunjung yang melakukan pembelian pada Biker’s Resto dan café di kota Malang). Jurnal administrasi Bisnis, 16(1), 1-6

Febrianty, (2013) pengaruh produk dan harga terhadap minat beli pada Holland bakery cabang semarang

Flew, T. (2002). New Media : an introduction. Melbourne: Oxford University Press.

Gita Prastyanti, 2017. Pengaruh Penggunaan Celegram (Celebrity Endorser Instagram) terhadap Niat Beli Konsumen secara Online Pada Media Sosial Instagram (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung )

Herdiansyah Haris, 2010. Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta : Salemba Humanika.

Hermawan Kartajaya, 2002. Hermawan Kartajaya On Marketing, Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hermawan, kertajaya. (2002). Marketing plus 2000 : Siasat memenangkan persaingan global, Jakarta :PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jeni kamase, 2021. Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Toyota (Studi Kasus Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin)

Kholid Arofi, Muhammad, 2016. Studi Deskriptif Perilaku Selebgram Dalam Menggunakan Instagram Sebagai Sarana Endorserment di Era pemasaran Digital.

Kleindl, B.A. & Burrow, J.L. (2005). E-Commerce Marketing. Pearson Education, Inc., New Jersey.

Komalasari, dkk. 2011. Asesmen teknik Non Tes Perspektif BK Komprehensif. Jakarta

Kotler Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Manajement Edisi 14.Global Edition.Pearson Prentice.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta. PT. Prehallindo

McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

McQuail, Dennis. McQuail’s. (2005). Mass coomunication theory 5th edition. London: Sage Publication Ltd.

Miftahul Elita Azizah, Musthofa Hadi. 2017. Pengaruh Lifestyle dan Selebgram (Selebrity instagram) terhadap Minat Pembelian Pada Media Sosial Instagram (Studi Eksplanatif pada followers Selebgram @joyagh)

Mirtania Ristiani. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser (Raisa Andriana) terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Es Krim Magnum di Bandar Lampung.

Mohammad Alfian (2013) Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Aksesibilitas Lokasi, dan Kekuatan Referensi Sosial Terhadap Keputusan Pemilihan Rumah Makan Padang Salero Bundo di Jakarta.

Mondry, Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik, Ghalia Indonesia, Bogor,

Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik . Bogor: Ghalia Indonesia- -Ansary, A., & Frost, R,”E-marketing International”, Edition (3rd Edition, New Jersey : Upper Saddle River, 2003.

Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Nandan Limakrisna, 2013 Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis, Jakarta: Mitra Wacana Media,

Notoatmotjo. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Novandri SN, Made. 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada Harpindo Jaya Cabang Ngaliyan”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Pangesti Wiji. 2018. Fenomena Selebgram di Media sosial Instagram (Studi kasus Gaya hidup pada Remaja Jakarta)

Panji, (2011). Pengantar Bisnis, Jakarta: Rineka Cipta.

rahmat arief (2012) Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Warung Warung Makan di Sekitar Simpang Lima Semarang)”.

Royan, Frans M, 2005. Marketing Celebrities, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Royan, Frans M. (2005). “Marketing Celebrities”. Edisi Pertama. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Royan, Frans M., (2004) Marketing Selebriti. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Shimp, Terence A. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu, Jakarta: Erlangga, 2003

Shimp, Terence A. (2002). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Shimp, Terence. (2003). Research Mentod for Bussines A skill-Bulding Approach, 4th ed., New York: John wiley and sons,inc.

Stanton, William J, 2000, Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi ke 3, Alih Bahasa oleh Yohanes Lamarto, Jakarta:Erlangga.

Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Stanton, William, J., (2001), Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Ketujuh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Staton, William J.2003. Pinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7,Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Strauss, J., El-Ansary, A.,& Frost, R, “E-marketing Internasional” ,Edition

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis, Edisi enam. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha dan Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Thomas T & Hogan, John E. 2012. The Strategy and Tactics of Pricing. Fourth Edition. New York: The Free Press.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi ketujuh. Yogyakarta

Turban, Efraim, R. Kelly Rainer, Jr, and Richard E. Potter. (2005). Introduction To Information Technology. 3 rd edition. John Wiley & Sons, United States.

Umi Narimawati. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung. Agung Media.

Uswatun Hasana. 2017. Pengaruh Testimoni, Selebgram dan Gambar Produk Fashion pada Media Sosial Instagram terhadap Impulse Buying Konsumen.

Vania Agregati Thalitha. 2017. Pengaruh Daya Tarik Selebgram sebagai Endorser terhadap Minat Beli Produk Maybellin (Studi pada followers Akun Instagram @sarahayu_).

Wells (1992): Basic Econometrics. New York : McGrawhill.

Widjati , Regina Naomi. 2017. Pengaruh Selebriti dan Selebgram Endorser Pada Minat Beli fashion Online Wanita

Wiryawan Driya, dan Pratiwi Anisa (2009), Analisis Pengaruh Selebriti Endorser Terhadap Brand Image Pada Iklan Produk Kartu Prabayar XL Bebas Di Bandarlampung, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 5 No 3., Mei, hal 235-263

Yana Respati Dewi. 2013. Pengaruh Celebrity Endorserment terhadap Brand Credibility dan Brand Equity pada Online shop (Studi Pada Online shop Vanila Hijab Indonesia)

Yusan Gamoro Pontoh. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser (Pevita Pearce) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Garnier BB Cream di Fakultas Ekonom Dan Bisnis Universitas Lampung

Published

2022-05-30

Issue

Section

Articles