Efektifitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam SMAN 06 Bombana
DOI:
https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1350Keywords:
Flipped Classroom, Model Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Kemampuan peserta didik dalam belajar masi sangat kurang maksimal penelitian ini dilakukan di
SMA Negeri 06 Bombana dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode flipped classroom yang
terdiri dari dua siklus dan setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui Efektifitas Pembelajaran Agama Islam Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar
Peserta Didik Menggunakan Flipped Class Room Di SMA Negeri 06 Bombana. Hasil penelitian ini
menunjukkan Kemampuan belajar peserta didik dengan metode flipped classroom setelah melakukan
penelitian ini mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan hasil penelitian yang telah dilakukua
pada pra siklus sebelum melakukan model flipped classrom memperoleh persentase hasil belajar
sebesar 15% (kategori kurang sekali) dengan rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu : 43,55,
kemudian pada siklus I guru menggunakan model flipped classroom dengan beberapa metode yang digabungkan mengalami peningkatan menjadi 70% (kategori sedang) dengan rata-rata 65,5 dan pada siklus II terjadi peningkatan lagi dengan perolehan persentase 90% (kategori sangat baik) dengan ratarata hasil belajar peserta didik 83,75.