Aspek-Aspek Pendidikan Sosial dalam Q.S Al Nur Ayat 4-19

Authors

  • Nafisah Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Bunyamin Universitas Muslim Indonesia
  • Nashiruddin Pilo Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/jge.v2i2.1381

Keywords:

Pendidikan Sosial, Al-Qur’an, Surah Al Nur Ayat 4-19.

Abstract

Maraknya fenomena hoax, ujaran kebencian (hate speech), perang argumen (twit war), perundungan (bullying), telah menimbulkan polarisasi yang tidak sehat yang dapat mengancam keutuhan bangsa. Oleh sebab itulah, pendidikan sosial kemasyarakatan sudah selaykanya mengejawantah menjadi panduan dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melakukan studi kepustakaan terhadap Q.S Al Nur ayat 4-19 yang memuat peristiwa sejarah yang erat kaitannya dengan fenomena yang dipaparkan di atas. Ayat demi ayat dikaji dengan menelaah penafsiran yang telah ada, kemudian memadukannya dengan pendapat-pendapat ahli pendidikan atau teori-teori pendidikan sosial sehingga tujuan penelitian ini; untuk mendapatkan aspek-aspek pendidikan sosial dalam ayat-ayat tersebut. hasil penelitian sebagai berikut. Aspek-aspek pendidikan sosial yang ditemukan dalam Q.S. al Nur ayat 4-19 adalah adanya unsur-unsur pendidikan yakni, pertama Allah sebagai pendidik yang memiliki sifat alim dan hakim. Kedua, Metode pendidikan targhib dan tarhib yang dimplementasikan dalam bentuk iqab (hukuman) dan tsawab (pahala) juga metode nasehat. Ketiga, nilai-nilai pendidikan yang ditemukan adalah nilai restorasi sosial, nilai tanggung jawab dan nilai kehati-hatian dalam menerima dan menyebarkan berita.

Published

2023-02-20

How to Cite

Nafisah, Bunyamin, A., & Pilo, N. (2023). Aspek-Aspek Pendidikan Sosial dalam Q.S Al Nur Ayat 4-19. Journal of Gurutta Education, 2(2), 47-61. https://doi.org/10.52103/jge.v2i2.1381