Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SDN 24 Maros
DOI:
https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1393Keywords:
Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Minat BelajarAbstract
Peran pendidikan penting untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur. Peningkatan dan peyempurnaan kualitas pendidikan dilakukan dengan berbagai peran, mulai dari pembenahan Sistem Pendidikan Nasional maupun pengaturan jenjang satuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran guru dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SDN 24 Maros. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskiptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Data-data tersebut diolah dengan analisis kualitatif interpretative dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilapangan menentukan peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan minat belajar adalah mengembangkan perencanaan pembelajaran dengan memperhatikan kondisi dan minat anak, mengintegrasikan variasi mengajar, dengan pendekatan individual, keterbukaan, keteladanan, serta pemberian motivasi, memfasilitasi minat, bakat dengan sarana dan prasarana yang menunjang belajar, mengevaluasi perkembangan hasil belajar, bimbingan individual dalam pembelajaran Al-Qur’an. Faktor pendukung dalam menumbuhkan minat belajar siswa adalah faktor dari dalam siswa siswa itu sendiri seperti kemauan belajar, kesiapan siswa untuk belajar juga dari luar adanya ganjaran dan kompetisi. Faktor yang dapat menghambat minat belajar siswa antara lain: pengaruh kondisi lingkungan/teman, kondisi siswa/keluarga baik dari siswa sendiri maupun dari sekolah. Sedangkan dari pihak guru sendiri adalah jadwal pelajaran yang kurang tepat.