Strategi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar

Authors

  • Arabiah Universitas Muslim Indonesia
  • Hasibuddin Hasibuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Setiawati Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1400

Keywords:

Guru, Peserta Didik, Prestasi Belajar, Wahdah Islamiyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Islam Terpadu Wahdah Islam Makassar, sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : Prestasi belajar Peserta Didik di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar ada 3 aspek yaitu bidang afektif (perilaku), bidang kognitif (pengetahuan) dan bidang psikomotorik (keterampilan) yang termasuk bidang kognitif adalah memiliki kemampuan membaca, menghafal dan memahami Al-qur’an dengan baik, berkomunikasi dalam 2 bahasa (Arab dan Inggris), memiliki wawasan luas, lulus ujian sekolah dengan nilai rata-rata 80 pada pelajaran bahasa Indonesia, Tarbiyah  dan PAI.  Dalam bidang afektif (perilaku) sesuai jaminan mutu SMA Islamiyah Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar dari penjabaran visi misi yaitu budaya karakter yang mencakup kebersihan, kedisiplinan, kesopanan, melakukan ibadah dengan benar, dan berbudaya Islami. Aspek keterampilan dari SMA Islamiyah Terpadu yaitu menghasilkan karya tulis, renang, ikhtiar talent, futsal, dan tapak suci. Adapun capaian target secara umum dalam kategori baik, hal ini dibuktikan dengan data yang ada mulai dari adanya target perkelas, kelengkapan intstrumen dan admnistrasi serta fasilitas yang mendukung.

References

Al-qur’an Al Karim.

Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad al-Anshari al-qurtubhi, Tafsir al-Qurtubhi/ Al-Jami’ Lil Ahkam al-qur’an, Libanon: Beirut.

Ahmadi, Strategi Belajar Mengajar, Bandung Pustaka Setia, 2018.

Arifin, Zainal, Evaluasi Prinsip-Teknik-Prosedur, Bandung; Remaja Rosdakarya, 2019.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikkan, Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Dariyo, Agoes, Dasar-Dasar Pedagogi Modern, Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media, 2019.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

Hamalilk, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

http://edhakidam.blogspot.com/2018/01/makalah-peran-guru-dalam-pendidikan. html.

https://www.kompasiaana.com/pengetahuan/551011e6813311743bcb12f/makalah-peran-dan-fungsi-guru.

J.r. David, People and management, Surabaya: Kencana, 2018.

Kamisa, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya, Kartika, 2018.

Kardi S. dan Nur M, Pengajaran Langsung, Surabaya: Unipres IKIP Surabaya, 2019.

Khadijah, Nnyayu, Reflektive Learning sebagai Pendekatan Alternatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam, ISLAMICA, 2019.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2018.

Mochtar, Transformasi Pendidikan, Jakarta, Pustaka Sinar Harapan, 2018.

Mufarokah, Amniisatul, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta Teras, 2019.

Muuhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2018.

Muhajir, Noeng, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif, Yogyakarta; Rake Sarasin, 2018.

Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2018.

Ngurawan, Sidik, Desan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivistik, Tulungagung: STAIN Tulungagung Press, 2018.

Poerwati, Loloek Endah, Panduan Memahami Kurikulum, Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya, 2019.

Rohani, Aahmad, Media Instruksional Edukjatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

Sanjaya, Wina, Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2018.

Sardiman, A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta; Rajawali Pers, 2019.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta; Rineka Cipta, 2018.

Sudjana, nnana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2019.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. XIX; Bandung: Alfabeta, 2019.

Suhartono, Suiparlan, Wawasan Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruz Media Group, 2018.

Susaanto, Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Group, 2019.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Cet. XVIII, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2019.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2018.

Undang-undang RI NO. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2018.

Uno, Hamzah, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatiif dan Efektif, Jakarta: PT. Bumi Akssara, 2019.

Usmaan, Moh. User Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.

Published

2023-02-22