Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa

Authors

  • Hastia Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Bunyamin Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Akil Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1401

Keywords:

Guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak serta efektifitas pembinaan akhlak siswa di MAN Gowa Kelurahan Malakaji Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, berupaya mengungkapkan kajian tentang usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak serta efektifitas pembinaan akhlak yang ditemukan dilapangan. Informasi diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan usaha pembinaan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Negeri Gowa.Peran guru Agama Islam dalam membina akhlak siswa sudah berperan aktif di sekolah tersebut hal ini terlihat dalam usahanya melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler ini di laksanakan dalam jam pembelajaran dengan membiasakan siswa mengucapkan salam dan salim dan membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran sedangkan ekstrakurikuler di laksanakan diluar jam pelajaran yaitu shalat dhuhur secara berjama’ah, dan melaksanakan kultum sesudah shalat dhuhur. Adapun efektifitas pelaksanaan pembinaan dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler ini memperlihatkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri Gowa telah melaksanakan dengan sebaik-baiknya yang tercermin dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari

References

Al-Qur’an Al Karim.

Abdul, Aziz Hamka, Karakter Guru Profesional; Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan, Jakarta: Al-Mawardi Prima,2012.

Abdul, Halim Nipan, Menghias Diri Dengan Akhlak Terpuji, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2000.

Ahmadi, Rulam, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014

Anwar, Rosihon, Akhlak Tasawuf, Bandung: CV Pustaka Setia,2010.

Al-Suyuti, Jalaludin, Jamius Shaghir, Surabaya: Dar Al Mishriyah, 1992.

As‟ad, Aliy, Terjemah Ta‟limul Muta‟allim, Yogyakarta: Menara Kudus,2007

Bahri, Djamarah Syaiful, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Prenada Media Group, 2001.

Creswell John W, Research Desain Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixe, ( Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013), h. 4-5.

Daradjat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Daradjat, Zakiyah, Ilmu Jiwa dan Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1976.

Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat, Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Hawi, Akmal, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

https://www.kompasiana.com. Diakses 10 Mei 2022.

Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlak, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2006.

J. Supranto, Metode Riset; Aplikasinya dalam Pemasaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Lubis, Effi Aswita, Metode Penelitian Pendidikan, Medan: Unimed Press, 2012.

M. Yusuf, Kadar, Tafsir Tarbawi; Pesan-pesan Al-Qur‟an Tentang Pendidikan, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2013.

Mahjuddin, Membina Akhlak Anak, Surabaya: Al-Ikhlas,1995.

Majid, Abdul, Dkk, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT. Rosdakarya, 2012.

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, Jakarta: Amzah, 2015.

Masganti, Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Medan: IAIN PRESS, 2011.

Miswar, dkk, Akhlak Tasawuf Membangun Karakter Islami, Medan: Perdana Publishing. 2016.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Mujib, Abdul, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2008.

Mulyasa E, Kurikulum Berbasis Kompetensi Cet. V; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Nasharuddin, Akhlak; Ciri Manusia Paripurna, Depok: PT. Raja Grapindi Persada, 2015.

Nasional Departemen Pendidikan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Nashih ‘Ulwan ‘Abdullah, Pendidikan Anak Dalam Islam. Depok; Fathan Prima Media, 2016.

Nashih ‘Ulwan ‘Abdullah, Pendidikan Anak Dalam Islam, Depok: Fathan Prima Media, 2016.

Nata, Abuddin, Akhlak Tasawuf, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2010.

Nur Aulia Rizqi, S. E, Kids Jaman Now Vs Generas Muda Islam, www.voa-islam.com, diakses, Rabu 10 Maret, 2022.

Ridwan, Abdullah Sani & Muhammad Kadri, Pendidikan Karakter; Mengembangkan Pendidikan Anak Yang Islami, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Rukaesih dan Ucu Cahyana, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015.

Rusman, Model-Model Pembelajaran; Mengembangakan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada, 2011.

Salim dan Syahrum, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Citapustaka Media, 2016.

Salim dan Syarum, Metodologi Penelitian, Bandung: Ciptapustaka Media, 2007.

Selly Sylviyanah, Pembinaan Akhlak Mulia Pada Sekolah Dasar, Vol. 1, No. 13,

http://jurnal.upi.edu/file/04_Pembinaan_Akhlak_Mulia_Pada_Sekolah Dasar-Selly.pdf, april 2022.

Siti zulaikhah, Urgensi Pembinaan Akhlak Bagi Anak-Anak Pra Sekolah, Vol. 8, No. 2, 2013.

http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/758,april 2022.

Subagyo Joko, Metode penelitian, (dalam teori dan praktek), (Jakarta:PT Rineka Cipta, 2011).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung : Alfabeta 2010.

Sugiyono,(2016),Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/ R&D), Bandung: CV. Alfabeta, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alpabeta, 2016.

Suharso, Puguh, Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis, Jakarta: PT Indeks, 2009.

Suyanto dan Asep Jihad, Menjadi guru professional (strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global), Jakarta: Erlangga Group, 2013.

Syafaruddin, dkk, Ilmu Pendidikan Islam; Melegitkan Potensi Budaya Umat, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2014.

Syaodih, Sukmadinata Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Agama dengan Pendekatan Baru, Cet. IV, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Uhbiyati Nur, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 1998.

UU RI No.14 Tahub2005 tentang Undang-Undang Guru dan Dosen.

Wau, Yasaratodo, Profesi kependidikan, Medan: Unimed Press, 2017.

Widyastuti, Retno, Kebaikan Akhlak Dan Budi Pekerti, Semarang: PT. Sindur Press, 2010.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter; Kompetensi dan Aplikasinya Dalam Lembaga pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2013.

Published

2023-02-22