Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pasien Melalui Kepuasan Pasien Rawat Inap

Authors

  • Akhmad Al Manar Bakri Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Reza Aril Ahri Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Andi Surahman Batara Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/jmch.v3i4.1170

Keywords:

Kualitas Pelayanan Kesehatan, Minat Berkunjung, Kepuasan Pasien

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Kota Makassar.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, menggunakan metode path analysis (analisis jalur). Populasi dalam penelitian ini adalah pasien. Jumlah sampel adalah pasien. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu

Hasil: (1) pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien sebesar 0,001 (2) pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap minat berkunjung kembali pasien sebesar 0,039 (3) pengaruh kepuasan pasien terhadap minat berkunjung kembali pasien sebesar 0,010 (4) pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali pasien melalui kepuasan pasien sebesar 0,03.

Kesimpulan: Kualitas pelayanan kesehatan berjalan dengan baik sehingga mampu menciptakan minat berkunjung kembali melalui kepuasan pasien.

References

Alwy, S. N. A. (2018). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pemerintah (RSUD Haji Makassar). Universitas Hasanuddin.

Ahri, R. A., Puspitasari, A. W., Haeruddin, H., Yuliati, Y., Hardi, I., Yusuf, R. A., & Amelia, A. R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Minat Kembali Pasien Rawat Inap Melalui Kepuasan Sebagai Mediasi Di Rumah Sakit Umum Sisaldjufrie Palu. Jurnal Ekonomika, 7(1), 171-184.

Amin, M., Afriyanto, & Negsih, W. P. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Loyalitas Perawat RSUD Hasanusin Damrah Kabupaten Bengkulu Selatan. Jurnal Ilmiah, 14(1), 44–49.

Amor, N. E. H. Ben, Talbi, D., & Almubrad, A. N. (2018). Impact of Health Service Quality on Patient Loyalty at King Khalid University Hospital in Riyadh , Saudi Arabia. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.9734/AJEBA/2018/39993

Arfa, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Perawat Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Moderasi Pada Puskesmas Lasepang Kabupaten Bantaeng. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar.

Aryska, M. (2017). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru). Jom FISIP, 4(1), 1–15.

Asraruddin. (2020). Pengaruh Akreditasi dan Kinerja Petugas Terhadap Kepuasan Pasien Melalui Kualitas Pelayanan di Puskesmas Binanga Kbupaten Mamuju. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar.

Bakri, M. H. (2017). Manajemen Keperawatan : Konsep Dan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Katalok Dalam Terbitan.

Buheli, K. (2015). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Penerapan Proses Keperawatan di RSUD Toto Kabupaten Bone Bolango. Jurnal E-Biomedik (EBm), 3(3).

Dewi, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 535–544.

Dewi, R. R. (2016a). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna BPJS dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(2).

Dewi, R. R. (2016b). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna BPJS Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(2).

Fardhoni, Sedjati, R. S., & Permana, I. S. (2021). Pengaruh Pelayanan Keperawatan dan Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 10–17.

Fattah, A. (2016). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien Di Rawat Inap Rumah Sakit Ibu Dan Anak Sitti Khadijah Makassar Tahun 2016. UIN Alauddin Makassar.

Frimayasa, A., & Suratriadi, P. (2017). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Khusus - THT Bedah Kepala Leher Proklamasi Jakarta Pusat. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 1(1).

Gobel, Y., Wahidin, & Muttaqin. (2018). Kualitas Pelayanan Kesehatan Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar. Jurnal Administrasi Negara, 24.

Hafid, M. A. (2014). Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Yankestis Dalam Pelayanan Keperawatan Di RSUD Syech Yusuf Kab. Gowa. Jurnal Kesehatan, VII(2).

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 2, 150–157.

Jumariah, T., & Mulyadi, B. (2017). Peran Perawat Dalam Pelaksanaan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas). Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 7(1).

Khamida, & Mastiah. (2015). Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(2), 154–161.

Kosnan, W. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntasnsi (JEBA), 21(04).

Krisnawati, T., Utami, N. W., & Lasri. (2017). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Journal Nursing News, 2(2).

Kumajas, S., Kairupan, M., & Pangemanan, R. C. (2018). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tikala Baru Kota Manado. Journal of Community & Emergency, 6.

Kusumaningtyas, D. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit X Di Kota Malang. Jurnal NUSAMBA, 1(1).

Langingi, A., Kandou, G. D., & Umboh, J. M. L. (2015). Hubungan Faktor Internal Dan Eksternal Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di Instalasi Rawat Inap C RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. Universitas Sam Ratulangi.

Lim, J. S., Lim, K., Heinrichs, J. H., Al-Ali, K., Aamir, A., & Qureshi, M. I. (2018). The Role of Hospital Service Quality in Developing The Satisfaction of The Patient and Hospital Performance. Management Science Letter, 8, 1353–1362. https://doi.org/10.5267/j.msl.2018.9.004

Luan, M. G., Prayogi, A. S., & Murwani, A. (2018). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS Tk. III 04.06.03 Dr. Soetarto Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 1(2), 9–28.

Marhawati. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Sarana Prasarana Terhadap Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit AL Jala Ammari Kota Makassar. Universitas Muslim Indonesia.

Megawati, E., & Yuniati, T. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3).

Meilina, & Bernarto, I. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 11(1), 1–6.

Mulyati, Susanti, E., Aryati, S., Mardhotillah, E., Maftukhah, Sulistyowati, G., Indrayati, N., & Livana. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Menerima Pelayanan Asuhan Keperawatan. Jurnal Keperawatan, 12(1), 57–62.

Nadeak, J. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna BPJS Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan). Universitas Sumatera Utara.

Netti. (2015). Hubungan Antara Kinerja Perawat Dengan Tingkat Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Kartasura.

Nirmayanti. (2019). Analisis Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Inap RSUD Munyang Kute Redelong Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh Tahun 2019. Institut Kesehatan Helvetia Medan.

Nova, R. F. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Nudyatama, I. (2017). Pengauh Kinerja Karyawan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Di Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Istiqomah Karangrejo Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Olle, A. T. (2020). Pengaruh Kemampuan Kerja, Motivasi Dan KedisiplinanTerhadap Kinerja Paramedis Di Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukkelleng Sengkang. Jurnal Mirai Management, 5(1), 332–353.

Putra, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara. Universitas Sumatera Utara.

Ristiani, I. Y. (2017). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. Journal Coopetition, VIII(2), 155–166.

Rosalia, K. J., & Purnawati, N. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(5), 2442–2469.

Septiadi, H., Wahidi, K. R., & Anindita, R. (2020). Kinerja Perawat dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien di Bagian Rawat Inap Rumah Sakit Seto Hasbadi. Journal of Hospital Management, 3(1), 335–343.

Sidik, W. W., Samdin, & Syaifuddin, D. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Perilaku Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Effect Of Employment Ability, Employment Engagement and Work Motivation on Employee Performance). JUMBO (Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Organisasi ), 2(1), 32–45.

Sudarta, I. W., Dharmana, E., & Santoso, A. (2014). Pengaruh Loyalitas dan Kepuasan Terhadap Kinerja Perawat Dalam Asuhan Keperawatan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Swasta Di Yogyakarta. Jurnal Managemen Keperawatan, 2(1), 22–29.

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit : Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6(April), 9–15. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122

Sutrisnoputri, A. L., Suryawati, C., & Fatmasari, E. Y. (2018). Hubungan Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6, 1–8.

Syahruddin, M. (2014). Persepsi Perawat Tentang Mutu Pelayanan Kepesertaan BPJS Ruang Rawat Inap RSUD Kardinah Kota Tegal.

Trisnayanti, Hakim, L., & Tahir, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD H . Padjonga Dg Ngalle Kabupaten Takalar. Journal Unismuh, 1(2).

Vigaretha, G., & Handayani, O. W. K. (2018). Peran Kepuasan Pasien sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Mutu Pelayanan. Higeia Journal of Public, 2(4), 543–552.

Walansendow, V. L., Pinontoaan, O. R., & Rompas, S. S. (2017). Hubungan Antara Sikap Dan Teknik Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Eunike RSU Gmim Kalooran Amurang. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 5(1).

Wisuda, A. C., & Dwi Octhaviana Putri. (2019). Kinerja Perawat Pelaksana Dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Instalasi Rawat Inap. Jurnal ‘Aisyiyah Medika, 4, 230–238.

Wulandari. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Wulandari, D. (2019). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Inap Di Rs PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta.

Zhou, W., Wan, Q., Liu, C., Feng, X., & Shang, S.-M. (2017). Determinants of patient loyalty to healthcare providers : An integrative review. International Journal for Quality in Health Care, 29(May), 442–449. https://doi.org/10.1093/intqhc/mzx058

Zulkarnain. (2017). Analisis Pelaksanaan Fungsi Manajemen Pengarahan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapakan Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Bima. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Pendidikan, 1(2).

Published

2022-10-01

How to Cite

Bakri, A. A. M., Ahri, R. A., & Batara, A. S. . (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pasien Melalui Kepuasan Pasien Rawat Inap . Journal of Muslim Community Health, 3(4), 1-15. https://doi.org/10.52103/jmch.v3i4.1170