Pengaruh Citra Rumah Sakit dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berobat Pasien Rawat Jalan di RSAU dr. Dody Sardjoto

Authors

  • Bimo Tejomukti Purwanto RSAU dr. Dody Sardjoto
  • Nurmiati Muchlis Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Andi Muhammad Multazam Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/jmch.v3i4.1183

Keywords:

Citra Rumah Sakit, Kualitas Pelayanan;, Minat Berobat

Abstract

Latar Belakang: Dalam era globalisasi, industri jasa semakin berkembang termasuk rumah sakit dimana mereka bersaing dalam mendapatkan dan mempertahankan keuntungan dengan membentuk strategi pemasaran. RSAU dr. Dody Sardjoto belum memiliki kajian dan program pemasaran dan di satu sisi tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan semakin kritis, sehingga rumah sakit perlu membentuk sistem pemasaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh signifikan Citra Rumah Sakit dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berobat pasien Rawat Jalan di RSAU dr. Dody Sardjoto.

Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan survey cross sectional, serta verifikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 350 pasien sebagai responden yang berobat rawat jalan di RSAU dr. Dody Sardjoto selama bulan Juni 2022.

Hasil: Karakteristik pasien didominasi oleh perempuan dengan kelompok usia 40 – 49 tahun, berpendidikan terakhir SMA, berprofesi sebagai kategori lain – lain meliputi pensiunan, ibu rumah tangga dan tidak bekerja, merupakan pasien yang pernah datang atau berkunjung ulang ke rumah sakit, dan memiliki alasan berobat karena rujukan dari fasilitas kesehatan lainnya. Citra Rumah Sakit pasien Rawat Jalan di RSAU dr. Dody Sardjoto dalam kategori sangat baik 87,13%. Kualitas Pelayanan pasien Rawat Jalan di RSAU dr. Dody Sardjoto dalam kategori sangat baik 88,50%. Minat Berobat pasien Rawat Jalan di RSAU dr. Dody Sardjoto dalam kategori sangat baik 88,21%.

Kesimpulan: Citra Rumah Sakit dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Minat Berobat. Diharapkan kedepannya rumah sakit dapat menambah dan mempertahankan kepercayaan masyarakat agar tetap menjadikan RSAU dr. Dody Sardjoto sebagai pilihan utama dalam berobat.

References

Arafah, Willy. 2004. Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Brand, Studi Pada Rumah Sakit Pemerintah di Jakarta Selatan, Metode Riset dan Bisnis Manajemen, Volume IV. Jakarta.

Nurhikmah, Sidin Indahwaty. 2013. Persepsi Staf Manajemen Pemasaran Rumah Sakit di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Jurmal MKMI. Makassar.

Yoestini, Eva Sheila. 2007. Strategi Pemasaran: Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Volume VI. Jakarta.

World Health Organization. 2010. Direktoral Jenderal Pelayanan Medik, Petunjuk Pelaksanaan Indikator Mutu Pelayanan Rumah Sakit, Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Undang Undang Republik Indonesia, Nomor 36 Tentang Kesehatan. 2009. Jakarta.

Nunun Nurulaini. 2010. Analisis Brand Equity Rumah Sakit Islam Jakarta menurut Persepsi Pelanggan Rawat Jalan di Empat Layanan Dasar, Perpustakaan Manajemen UI. Jakarta.

S Jacobalis. 2010. Kumpulan Tertulis Tentang Rumah Sakit Indonesia Dalam Dinamika Sejarah, Transformasi, Globalisasi, dan Krisis Nasional, Yayasan Penerbit Ikatan Dokter Indonesia. Jakarta.

Porter,S.S., Claycomb,C. 1997. The Influence of Brand Recognation on Retail Store Image. Journal of Prod. Brand Management. New Jersey.

Bloemer, J. Ruyter and Wetzel, M. 1998. On The Relationship Between Perceived Service Quality, Service Loyalty and Switching Cost International Journal of Industry Management. USA.

Istijanto. 2005. Aplikasi Praktis: Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wu, C. 2011. The Impact of Hospital Brand Image on servive Quality, Patient Satisfaction and Loyalty. Journal of Business Management. New Jersey.

Sofyan Assauri. 2003. Manajemen Pemasaran Jasa, Volume I, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Undang Undang Republik Indonesia, Nomor 29 Tentang Praktik Kedokteran, 2004. Jakarta.

Kumala Oktaviantika Benazir. 2012. Pengaruh Word of Mouth (WoM) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tune Hotel Kuta Bali, Jurnal Manajemen Universitas Indonesia, Jakarta.

Philip Kotler, Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, 1st Edition, Volume II, Indeks, Jakarta.

Henry Assael. 2007. Consumer Behavior and Marketing Action, 6th Edition, South-Western, England.

Rowland, Rowland. 2002. Hospital Administration Handbook, Bina Aksara. Jakarta.

Milton, Friedman. 2003. Hospital Management, Bina Aksara. Jakarta.

Kepmenkes RI, Nomor 983 Tentang Standar Pelayanan Rumah Sakit. 1993. Jakarta.

Amstrong, Philip Kotler. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan, PT. Index Gramedia. Jakarta.

Stephen, Robin. 2005. Perilaku Organisasi, Edisi X, PT. Index. Jakarta.

Hana Permana. 2003. Hospital Building Startegi dalam Service Excellent, Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, No. 1, Vol. 4, Program Kajian Administrasi Rumah Sakit, UI. Jakarta.

Supranto. 2003. Meningkatkan Kualitas Pelayanan, Bina Aksara. Jakarta.

Philip Kotler. 1997. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control. 8td ed. Englewood Cliffs. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi Kedua. Jilid Pertama. Remaja Posdaya. Bandung.

Philip Kotler. 2000. Marketing Management, The Millenium Edition, International Edition. New Jersey: Prentice Hall International Inc

Engel, J.F, Blackwell, Rd, and Miniard, DW. (1995). Perilaku Konsumen. Jilid 1. (Boediono, Terjemahan). Jakarta: Bina Rupa Akasara.

Gaspersz Vincent. 2010. Production Planning and Inventory Control, PT. Sun. Jakarta.

Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa, 1st Edition, CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Wyckup. 2012. Kualitas Pelayanan, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Parasuraman A, Valarie A Zeithaml and Leonard L Berr. 2013. Reassessment of Implication For Further Research, The Effect of Service Quality, and Perceived Price Fairness on Consumer Satisfaction and Purchase Intention. Journal Marketing. New Jersey.

Thomas C Kinnear, James R Taylor. 2005. Riset Pemasaran, Volume II, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Desi Arista, Astuti, Sri Rahayu Tri. 2001. Analisa Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek, dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Berobat Pasien, Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro, Volume XIII. Semarang.

William B Dodds, Kent B Monroe, Dhruv Grewal. 2000. Effect of Price, Brand, and Store Information on Buyers’ Product Evaluations, Journal of Marketing Research, Volume XXVIII. New Jersey.

Augusty Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen, Badan Pendidikan Universitas Diponegoro. Semarang.

Rusmiati, Abdullah Rasyid, Hasmin Tamsah. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Citra Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Solo Kabupaten Wajo. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar. Makassar.

Firmansyah. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Ibu Dan Anak Eria Bunda Pekanbaru. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika Komputer Dharmapala Riau. Riau.

Al-Anfal. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan. Universitas Sari Mutiara Indonesia. Medan.

Emilia Sepni. 2019. Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pasien Rumah Sakit Annisa Pekanbaru). Universitas Riau. Riau.

Sriani Inti, Tamsah Hasmin, Betan Abubakar. 2019. Pengaruh Citra Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Jkn Di Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar. Makassar.

Rizkiawan, Ilham Karin. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solo.

Hidajahningtyas Nurullah, Sularso Andi, Suroso Imam. 2016. Pengaruh Citra, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Di Poliklinik Eksekutif Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Kabupaten Jember. Universitas Jember. Jember.

Enno Yunida, Margita. 2016. Pengaruh Citra Rumah Sakit Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Fatriansyah. 2014. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien dan Dampaknya Pada Loyalitas Pasien (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Syarif HIdayatullah). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Published

2022-10-01

How to Cite

Purwanto, B. T., Muchlis, N. ., & Multazam, A. M. (2022). Pengaruh Citra Rumah Sakit dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berobat Pasien Rawat Jalan di RSAU dr. Dody Sardjoto. Journal of Muslim Community Health, 3(4), 153-168. https://doi.org/10.52103/jmch.v3i4.1183