Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Memilih Rawat Jalan di RSIA Malebu Husada Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.52103/jmch.v4i4.1396Keywords:
Bauran Pemasaran, Keputusan Pasien, Rumah SakitAbstract
Latar Belakang: Sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat, rumah sakit harus siap dan lincah beradaptasi dengan perubahan jumlah dan jenis pasien yang datang. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pasien rawat jalan di RSIA Malebu Husada.
Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional dengan rancangan cross sectional study. Populasi penelitian ini sebanyak 1.053 pasien dan sampel sebanyak 100 pasien yang dipilih dengan cara proportionate stratified random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji chi square dan uji regresi logistik biner.
Hasil: Sebagian besar responden berusia 17-35 tahun (61%), berjenis kelamin perempuan (79%), pendidikan tamat perguruan tinggi (41%), dan pekerjaan pegawai swasta (31%). Hasil analisis uji chi square menunjukkan bahwa ada hubungan variabel bauran pemasaran dengan keputusan pasien. Hasil analisis regresi logistic biner menunjukkan ada beberapa variabel yang tidak ada pengaruhnya terhadap keputusan pasien. Secara parsial menunjukkan tidak ada pengaruh pelayanan medis (p=0,329), pelayanan penunjang (p=0,055), kesesuaian tarif (p=0,062), cara pembayaran (p=0, 711), Akses (mudah dijangkau) (p=0,170), keamanan (p=0,346), kenyamanan (p=0,907), penampilan (p=0,307), kompetensi (p=0,923), prosedur pelayanan (p=0,928), Fasilitas yang baik (p=1.000), bangunan yang memadai (p=0,240), bangunan yang menarik (p=0,193). Variabel yang memiliki pengaruh adalah periklanan (p=0,000), daya tanggap (p=0,008), kesesuaian standar waktu (p=0,005) terhadap keputusan pasien rawat jalan. Variabel bauran pemasaran secara simultan yang paling berpengaruh adalah daya tanggap.
Kesimpulan: Faktor paling dominan mempengaruhi bauran pemasaran adalah daya tanggap. Direkomendasikan kepada RSIA Malebu Husada lebih disiplin dalam mengatur jadwal kerja tenaga kesehatan sehingga pasien tidak menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
References
Amin, M.A., Anwar, Haeruddin, 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Kembali Pasien Non Asuransi di Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Daya Kota Makassar. Jurnal Mitrasehat 8, 479–488.
Amalia, A. R., Putri, R. A., Yusuf, R. A., & Haeruddin, H. (2022). Konsistensi Komunikasi Terhadap Pelaksanaan Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute) Di Rumah Sakit Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jurnal Ekonomika, 6(1), 40-47.
Asriyani, R., 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap RSUD Tenriawaru Kabupaten Bone. Proceedings of the National Academy of Sciences 3, 1–15.
Astrina, 2021. Kunjungan Pasien Umum Rawat Jalan the Correlation Marketing Mix With Outpatient General Visit Rate in Rsu Aro Pekalongan in 2020 6, 65–74.
Azizah, N., 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Kunjungan Ulang Layanan Kesehatan Di Balkesmas Wilayah Ambarawa. Ilmu Kesehatan Masyarakat.
Azizah, N., Raharjo, B.B., Artikel, I., 2020. HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Proses Keputusan Pasien Memilih Layanan 4, 189–200.
Bayty, D.N., Ramlan, H., 2022. Layanankesehatan Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum ‘ Aisyiyah St . Khadijah Kabupaten Pinrang. Jurnal Imiah Manusia Dan Kesehatan 5, 1–10.
Dahnial Ramadhana, 2021. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Selama Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Segeri Kabupaten Pangkep 6.
Dona rahma, 2019. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Surya Insani Pasir Pengaraian Riau, Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat. 2019; 4 (2): 93 - 100.
Ekawati, S.S., Andriani, H., 2022. Strategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Yadika Pondok Bambu Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama 3, 1–11.
Fajrini, F., Latifah, N., Herdiansyah, D., Romdhona, N., 2020. Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Covid-19 ( Study Rumah Sakit X ) 19, 113–122.
Haeruddinn, 2022. Hubungan Bauran Pemasaran dengan Pemanfaatan Layanan Kesehatan pada Pasien Rawat Inap di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar 3, 1943–1952.
Hayati, Y.S., Sandra, C., Herawati, Y.T., 2018. Hubungan Antara Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember Tahun 2017. Ikesma 14, 45. https://doi.org/10.19184/ikesma.v14i1.10406
Indraswati, D., Asrina, A., 2023. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelayanan dan Minat Berkunjung Kembali Pasien Umum Di Rawat Jalan RSUD Labuang Baji Makassar Tahun 2022 4, 211–221.
Lestari, P., Rindu, 2018. Hubungan Pemasaran Rumah Sakit (marketing mix kepuasan pasien 7P) Terhadap Tingakat Kunjungan Pasien. Marketing MIX 05, 02.
Marita, E., 2019. Analisis Pengaruh Bauran Pemsaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Rumah Makan BOOM! Burger Medoho Semarang). Skripsi, Universitas Semarang 1–109.
Midi, H., 2013a. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit Omni Pulomas 2, 1–10.
Midi, H., 2013b. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Rumah Sakit Omni Pulomas 2, 1–10.
Nasar Radfan, Djumahir, T.H., 2015. n Di Poliklinik Paru Rumah Sakit Paru Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen 13, 220–228.
Parendreng, 2019. Kontribusi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Untuk Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Kesehatan Masyarakat 9, 159–169.
Safi, A., Sulistiadi, W., 2020. Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien yang diperoleh dari tingkat kunjungan pasien ke rumah sakit : Literature Review Effect of Marketing Mix on Patient Satisfaction obtained from the Rate of Patient Visits to the Hospital : Literature Review. Jurnal ARSI 7, 1–9.
Sari, R.P., Sari, I., 2021. Pengaruh Persepsi Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Memilih Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibu Anak Limijati Bandung. Jurnal INFOKES (Informasi Kesehatan) 5, 64–73.
Sinabutar, E.R., 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pemanfaatan Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Malahayati Medan. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota 1, 82–91.
Tafdilla, A.S., 2016. Pengaruh Persepsi Psien Tentang Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pasien Rawat Jalan Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Majenang Tahun 2015.
Ulfah, M., Tri Rachmi, A., Yuniarinto, A., 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Aplikasi Manajemen 11, 384–391.
Vladimir, V.F., 2010. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Penggunaan Jasa Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Sakina Idaman. Gastronomía ecuatoriana y turismo local. 1, 5–24.
Wahdah, R., 2022. Hubungan Pemasaran Rumah Sakit (Marketing Mix 7p) Terhadap Tingkat Kunjungan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar 2003–2005.
Wijayanthi, I.A.T., Giri, M.C.S., Sundari, P., 2020. Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih RSU. Bali Royal. Jurnal Capital Kebijakan ekonomi, manajemen & akutansi 2, 77–92.
Wiwiek Indriany Sary S, 2023. Pengaruh Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di RSUD Regional Provinsi Sulawesi Barat. Journal of Muslim Community Health (JMCH) 2023 4, 15–29.
Yasni, Y., 2020. Hubungan Marketing Mix Terhadap Kunjungan Ulang Pasien. Molecules 2, 1–12.
Yulia Damayanti Lubis, A.D.F., 2022. Marketing Mix Analysis on Outpatient Satisfaction at Medan Haji General Hospital 3, 16–22.
Yunarwati Anin, T., Abdullah, R., 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Layanan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Tadjuddin Chalid Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis 13, 2302–2531.
Zulfitri, Z., 2007. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Umum Rumah Sakit Angkatan Laut Jala Ammari Lantamal.