Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Barana Kabupaten Jeneponto Tahun 2022

Authors

  • Waode Rezki Ameliah Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Amran Razak Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Arni Rizqiany Rusydi Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/jmch.v4i4.1431

Keywords:

Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien, Rawat jalan, Puskesmas

Abstract

Latar Belakang: Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. Pelayanan kesehatan adalah salah satu komponen dalam sistem kesehatan nasional yang berentuhan langsung dengan masyarakat. Kepuasan konsumen adalah hasil yang dirasakan atas penggunaan produk dan jasa sama atau melebihi harapan yang diinginkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualita pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Barana Kabupaten Jeneponto Tahun 2022.

Metode: Rencana penelitian yang digunakan Cross Sectional Study, dengan total sampel sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian kuantitatif ini ialah Purposive sampling. Analisis data menggunakan chi squre dan regresi linear berganda. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Barana wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto selama 1 bulan, yaitu mulai bulan Oktober 2022 hingga November 2022.

Hasil: Menunjukkan bahwa sebagian besar koresponden berumur 46-55 tahun (46%), jenis kelamin perempuan (53%), Pendidikan terakhir SMA (87%), pekerjaan wiraswasta (32%). Hasil uji statistic menunjukkan bahwa variable pengalaman dan keterampilan, perhatian petugas,kemudahan pelayanan, pelayanan pemeriksaan dan cepat tanggap berpengaruh terhadap kepuasaan, sedangkan variable kelengkapan alat tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Dari lima variabel bebas, didapatkan 1 varibel yang memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, yaitu kelengkapan alat akan tetapi, apabila keenam variabel digabungkan, maka secara simultan keenam variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien.

References

Aladwan, M.A., Salleh, H.S., Anuar, M.M., ALhwadi, H., & Almomani, I.M. (2021). relationship among service quality, patient satisfaction and patient loyalty: case study in Jordan Mafraq hospital. Linguistics and Culture Review.

Al-Borie HM, Damanhouri AM. Patients' satisfaction of service quality in Saudi hospitals: a SERVQUAL analysis. Int J Health Care Qual Assur. 2013;26(1):20-30. doi: 10.1108/09526861311288613. PMID: 23534103.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan (2022). Persentase Penduduk Miskin (P0) Menurut Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan (Persen), 2019-2021. Available form https://sulsel.bps.go.id/indicator/23/440/1/persentase-penduduk- miskin-p0-menurut-kabupaten-kota-se-sulawesi-selatan-persen-.html diakses pada tanggal 5 juni 2022.

Depkes, R. I. "Kebijakan dasar pusat kesehatan masyarakat." Jakarta: Depkes (2016).

Effendi, M. A. (2009). The Power Of Corporate Governance: Teori dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat.

Fatima, T., Malik, S.A. and Shabbir, A. (2018), "Hospital healthcare service quality, patient satisfaction and loyalty: An investigation in context of private healthcare systems", International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 35 No. 6, pp. 1195-1214. https://doi.org/10.1108/IJQRM-02-2017-0031

Hartiningtiya, Bunga. 2017. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap KualitasPelayanan Jasa Kesehatan di RS. MH. Thamrin Purwakarta. Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Telkom Purwakarta.http://repository.telkomuniversity.ac.id diakses pada 19 juni 2019.

Hayana, Yaseer. 2013. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Puskesmas Surabaya Utara. Skripsi Strara 1 Fakultas Farmasi. Universitas Surabaya. http://media.neteli.com diakses pada 15 juni 2019.

Irine, D.S. (2009). Manajemen pemasaran usaha kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Kemenkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Kemenkes RI. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Kemenkes, R. I (2021). Profil Kesehatan 2020. Jakarta

Khusnawati. (2010). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan

Pada Puskesmas Sungai Durian Kabupaten Kubu Raya. Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Hasanudin.

Kotler, Philip, et al. 2012. Manajemen pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andy.

Kutanegara, Pande Made. 2010. Penanggulangan Kemiskinan di Era Otonomi Daerah: Dilema Peran Pemerintah dan Masyarakat. Yogyakarta: Pusat Studi Kebijakan dan Kependudukan UGM.

Mabow. (2009). Minat Pembeli dalam Psikologi. Jakarta: EGC.

Mallat, A., Vrontis, D. and Thrassou, A. (2021), "Patient satisfaction in the context of public–private partnerships", International Journal of Organizational Analysis, Vol. 29 No. 6, pp. 1395-1422. https://doi.org/10.1108/IJOA-03-2020-2066

Megatsari Hario., Laksono, A. D., Ridlo, I. A., Yoto, M., & Azizah, A. N. (2018). Perspektif Masyarakat Tentang Akses Pelayanan Kesehatan. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21(4), 247–253. https://doi.org/10.22435/hsr.v21i4.231

Nguyen NX, Tran K, Nguyen TA. Impact of Service Quality on In-Patients' Satisfaction, Perceived Value, and Customer Loyalty: A Mixed- Methods Study from a Developing Country. Patient Prefer Adherence. 2021 Nov 17;15:2523-2538. doi: 10.2147/PPA.S333586. PMID: 34819722; PMCID: PMC8607125.

Novi, Varadina. (2016). Model Pelayanan Kesehatan ( Studi Deskriptif Tentang Model Pelayanan Program Antenatal care di Puskesmas Peterongan Kabupaten Jombang ). Model Pelayanan Kesehatan. Available from: download-fullpapers-kmpca9517c0abfull.pdf (unair.ac.id) diakses pada tanggal 5 juni 2022.

Nurlinawati, I., & Putranto, R. H. (2020). Faktor-Faktor Terkait Penempatan Tenaga Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama Daerah Terpencil/Sangat Terpencil. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 4(1), 31–38. https://doi.org/10.22435/jpppk.v4i1.331

Pasolong, Harbani. 2012. Teori Administrasi Publik. Bandung : Penerbit Alfabeta Puskesmas Barana. Profil Puskesmas 2021

Puspita, Ika 2009. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Dengan Citra Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Aceh Tamiang. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Medan.

Putri P, Tenri. 2016. Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Lanto Dg. Pasewang Kabupaten Jeneponto: Jurnal ADN. Vol.22 No.2 (Agustus).

Shan L, Li Y, Ding D, Wu Q, Liu C, Jiao M, Hao Y, Han Y, Gao L, Hao J, Wang L, Xu W, Ren J. Patient Satisfaction with Hospital Inpatient Care: Effects of Trust, Medical Insurance and Perceived Quality of Care. PLoS One. 2016 Oct 18;11(10):e0164366. doi: 10.1371/journal.pone.0164366. PMID: 27755558; PMCID: PMC5068749.

Sinurat, Jeriko. 2014. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Bangsal Hemodialisis RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta. http://sitedi.uho.ac.id diakses pada 19 juni 2019.

Suharmiati, Agung, D., & Wahyu, D. (2013). Review Kebijakan Tentang Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Daerah Terpecil Perbatasan (Policy Review on Health Services in Primary Health Center in the Border and Remote Area). Jurnal Penelitian Sistem Kesehatan, 1692), 109-116.

Suharmiati, Handayani, L., & Kristiana, L. (2012). Faktor-faktor yang Memengaruhi Keterjangkauan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Daerah Terpencil Perbatasan di Kabupaten Sambas (Studi Kasus di Puskesmas Sajingan Besar) (Factors Influence Accesibility of Health Services at a Remote and Border Health Service in Sambas District). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, Vol. 15(No. 3), 223–231.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan pelanggan Edisi 1, Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Tombi, P.Hana Dkk. 2012.Hubungan antara karakteristikMasyarakat kelurahan sindulung I dengan pemanfaatn puskesmas tumintang

Trimurthy, Iga.2008. analisis hubungan persepsipasien tentang mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan puskesmas pandanaran kota semarang.

Umardiono, A., Andriati, A., & Haryono, N. (2019). Peningkatan Pelayanan Kesehatan Puskesmas Untuk Penanggulangan Penyakit Tropis Demam Berdarah Dengue. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 60–67. https://doi.org/10.31947/jakpp.v4i1.5905

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan [internet . 2009 cited 2022 june 03 . Available from: http://www.depdagri.go.id/media/documents/2009/10/13/UU_No.36- 2009.doc

Winarsa, Noby; Suryoputro, A. W. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Daerah Terpencil Perbatasan Dan Kepulauan (Dtpk) Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Visikes, 19(1), 128–151.

Published

2023-02-26

How to Cite

Ameliah, W. R., Razak, A., & Rusydi, A. R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Barana Kabupaten Jeneponto Tahun 2022. Journal of Muslim Community Health, 4(4), 226-237. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i4.1431