Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien Rawat Inap DI Rumah Sakit DR Sumantri Pare-Pare

Authors

  • Yulfikasari Program Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Nurmiati Muchlis Program Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Arman Program Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia
  • Samsualam Program Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52103/jmch.v2i3.552

Keywords:

Realibilty, Responsivess, Assurance, Empathy, Tangibles

Abstract

Latar belakang: Dalam rangka peningkatan derajat kesehatan yang optimal, setiap orang memiliki hak atas pelayanan kesehatan (the right to health care) dan kepuasan pasien menjadi tantangan besar dalam pemberian pelayanan kesehatan saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk  mengetahui adanya pengaruh tangibles, realibility, responsiviness, assurance dan empati terhadap kepuasan pasien rawat inap di RS Dr. Sumantri Parepare dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap kepercayaan pasien rawat inap RS Dr. Sumantri Parepare. Metode: penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan cross – sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap RS Dr.Sumantri Parepare sebanyak 87 responden. Pengambilan sampel dilakukan secara proportionate stratified random sampling. Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan uji regresi logistic diperoleh nilai p Value = 0,000 yang dimana p hitung lebih kecil dari p tabel 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tangibles, realibility, responsiviness, assurance dan empati Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit  Dr. Sumantri Parepare. Kesimpulan: Penelitian ini menyarankan bahwa perlunya kualitas pelayanan di rumah sakit agar bisa meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pasien untuk datang kembali berobat.

Published

2021-07-01

How to Cite

Yulfikasari, Muchlis, N. ., Arman, & Samsualam. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien Rawat Inap DI Rumah Sakit DR Sumantri Pare-Pare. Journal of Muslim Community Health, 2(3), 154-164. https://doi.org/10.52103/jmch.v2i3.552