Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Lingkungan Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai
DOI:
https://doi.org/10.33096/jms.v3i2.1047Keywords:
Kinerja, Kompetensi, Motivasi, Lingkungan KerjaAbstract
Pemerintah Kabupaten Banggai merupakan salah satu kabupaten yang tengah memacu peningkatan kinerja pegawainya yang dibentuk melalui peningkatan kuantitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas kerja. Peningkatan kinerja pegawai dapat dipengaruhi oleh kompetensi, motivasi kerja dan lingkungan kerja yang kondusif. Penelitian ini menemukan bahwa kompetensi, motivasi dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Kantor Sekretariat Daerah kabupaten banggai.
References
Abdul hamid. 2003. Analisis Faktor-Faktor Kompetensi dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu. Tesis S2, Unpublished. Pascasarjana UMI, Makassar.
Achmad S. Rucky (2002). Sistem Manajemen Kinerja, Panduan Praktis Untuk Merancang dan Meraih Kinerja Prima, Gramedia, Jakarta.
Agus, Tulus M., (2004). Manajemen Sumberdaya Manusia, Buku Panduan Mahasiswa, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Akbar. 2000. Penghargaan Dalam Kinerja Pegawai. Penerbit Gunung Agung, Jakarta.
Algifari (2007).Regresi Linear, Penerbit Balai Penerbitan Fakultas Eknomi (BPFE), Yogyakarta.
Alimin, Amin. 2004. Sumberdaya Manusia, Penerbit Andi, Yogjakarta.
Amiruddin. 2004. Pengaruh Faktor Kompetensi Pegawai Terhadap Motivasi Kerja Pada Dinas Prasarana Unit Pelaksana Teknis Wilayah IV Bone. Tesis S2 Unpublished. Pascasarjana UMI Makassar
Anonim, 2002. Undang-Undang RI.Nomor 25 Tahun 1992 Tentang perkoperasian, Jakarta.
Arep, Ishak dan Tanjung Hendri. (2004). Manajemen Motivasi, Grasindo, Jakarta.
Aris Sri Mulyanto (2004). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional di Wilayah Provinsi Gorontalo. Tesis Un-Published Pps. UMI., Makassar.
Asnawi, Sahlan, (2004). Teori Motivasi. Dalam Pendekatan Psikologi Industri dan Organisasi, Studia Press, Jakarta.
Asri. (2006). Analisis Pengaruh Penguatan Sumberdaya Manusia Terhadap pelayanan Prima pada Kantor Pelayanan PBB Kota Makassar. Tesis Un-Published. Pps. UMI Makassar.
Basuki, J. (2007). Budaya Organisasi, Konsep dan Terapan, Yayasan pembina Manajemen, Jakarta.
Burhanuddin, 2009. Kinerja Terpadu, Rineka Cipta, Jakarta.
Carrell, M.R; Jennings, D.F., and Heavrin, J.D.C. (2007). Fundamental of Organizational Behavior, New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Campbell, J.P., 2008. Modeling the Performance Prediction Problem In Industrial and Organizational Psycology. Handbook of
------------, McCloy, R.A., Oppler, S.H., and sager, C.E. 2003. A Teory of Performance. Personnel Selection in Organizational, san Francisco, Jossey-Bass.
Crowford, C.Merli. (2003). New Products Management. Homewood, Illinois, Irwin.
Cook dan Maccaolia, 2007. Manajemen Kinerja , PBFE Yogyakarta.
Cushway, Barry, 2000. Human Resource Management, Elex Media Komputindo, Jakarta
Davis, Richard, 2006. Sukses memotivasi, Gramedia, Jakarta.
Dessler, Gay 1997 Manajemen Personalia; Teknik dan Konsep Modern, Terjemahan, Edisi Ketiga, Erlangga, Jakarta.
Dharma, Saleem, 2009. Prestasi Kerja: Penilaian dan Pengukuran, Penerbit Harvarindo, Jakarta.
Djayakusuma, 2009. Pelayanan Prima Peningkatan Kepuasan Pelanggan, Penerbit Tarsito, bandung.
Donnely, J.H. Jr., Gibson, J.L., and Ivancevich, J.M.(2007) Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, Proses, Erlangga, Jakarta.
Flippo, Edwin B., (2). Manajemen Personalia, Terjemahan Masud, Mohammadv, Edisi keenam, Erlangga, Jakarta