Perspektif Pendidikan Islam Tentang Manajemen Perubahan Untuk Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.33096/jms.v3i2.1105Keywords:
Pendidikan Islam, Manajemen, PerubahanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengkaji perspektif pendidikan Islam tentang manajemen perubahan untuk pengembangan lembaga pendidikan Islam2) menganalisis perspektif pendidikan Islam tentang manajemen perubahan untuk pengembangan lembaga pendidikan Islam3) mendeskrepsikan Output formulasi manajemen perubahan terhadap pengembangan kelembagaan pendidikan islam Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan multidisipliner, yaitu historis, sosiologis, teologis, filosofis dan pendekatan pedagogis-manajerial.Jenis penelitian ini tergolong Library Research, data dikumpulkan dengan mengutip,menyadur dan menganalisis dengan menggunakan analisis isi (content analysis) analisis wacana dan penafsiran teks terhadap literatur yang representatif dan mempunyai relevansi dengan masalah yang dibahas, kemudian mengulas dan menyimpulkannya. Setelah mengadakan pembahasan tentang manajemen perubahan untuk pengembangan lembaga pendidikan Islam dilihat dari perspektif pendidikan Islam, maka perlu ada perubahan perspektif meliputi perubahan paradigma pengembangan ilmu baik dari aspek ontologi, epistemologi aksiologi, maupun tujuan perubahan dengan mengacu kepada term-term kunci tentang perubahan, terminologi pendidikan Islam dan teori-teori perubahan yang dibangun dalam Islam. Dengan mengkaji elemen-elemen tersebut, dapat teridentifikasi tipologi, faktor-faktor pendorong, model koordinasi, komunikasi dan resistensi perubahan. Kemudian perlu ada perubahan pada aspek proses manajemen perubahan meliputi cara mengelola manajemen perubahan yang efektif dalam lembaga pendidikan Islam dengan mengacu kepada konsep dasar manajemen dalam perspektif Islam dan fungsi-fungsinya yang intinya pada tata kelola dengan komitmen yang kuat untuk berubah yang prosesnya diinspirasi oleh Alqr’an baik dalam pendekatan mazhab individu, kelompok maupun sistem terbuka. Perubahan pada aspek out put meliputi, perubahan mindset, rumusan sistem pendidikan yang islami, desain pendidikan bermutu, rekonstruksi nilai-nilai dalam kelembagaan pendidikan Islam, penghargaan terhadap kemanusiaan, serta keteladanan dalam kepemimpinan manajeman perubahan sebagai inti dari kesuksesan. Implikasi penelitian ini semestinya perubahan yang terjadi tidak bersifat destruktif. Perubahan seyogyanya berpihak kepada kualifikasi-kualifikasi positif dan konstruktif, sejalan dengan perintah Tuhan dalam Alqur’an, dan diimlementasikan dalam prilaku kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW. Lembaga-lembaga pendidikan Islam terutama pesantren, perlu merumuskan dan mendesain kembali perubahan-perubahan dan manajemennya agar lembaga pendidikan Islam tetap berkembang dan survive dan perubahan-perubahan yang terjadi tidak melahirkan resistensi dan konflik seiring dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi sebagai ciri peradaban baru Islam.
References
Alqur’an dan Terjemahnya
A .W. Munawwir, Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Lengkap Cet. XIV: Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
A-‘Allamah al-Ragib al-Asfahani, Mufradat Alfadz Alqur’an, Beirut: Dar al-Qalam, 2002.
Abd. Mu’in Salim, Fiqh Siyasah, Konsepsi Kekuasaan dalam Alqur’an, cet.1; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1994.
Abdul Hakim, Pengelolaan Perubahan Berbasis Nilai-Nilai Islam, Semarang, EF Press Digimedia, 2015.
Abdurrahman Mas’ud, Sejarah dan Budaya Pesantren, dalam Ismail Sm (ed): Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Fak. Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang bekerjasama dengan Pustaka Pelajar, 2002
Abu Alt al-Fadl ibn al-Hasan Ath-Thabarsyi, Majma’ al-Bayan, IV, Beirut : Dar Ihya al-Turats al-‘Arabiy, 1986.
Abu Hayyan Muhammad ibn Yusuf al-Andalusi al-Ghamathi, al-Bahr al-Muhith,I. Beirut: Dar al-Fikr, 1983.
Abuddin Nata, Manajemen Pendidikan, Jakarta; Kencana, 2007.
Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo persada, 2011.
Abuddin Nata, Sejarah Sosial Intelektual Islam, Cet.1., Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Ahmad Mansur Surya Negara, Api Islam, Cet-3; Edisi revisi, Bandung : Surya dinasti, 2016.
Ahyar Yunus Lubis, Filsafat Ilmu, Klasik hingga Kontemporer, Cet-2; Jakarta : Rajawali Pers, 2015.
Al-Fakhru al-Razi, Tafsir al-Kabir, Juz 29, Cet. Ke-3., Libanon : Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 2010.
al-Syaibani, Omar Muhammad al-Toumy. Filsafat Pendidikan Islam, terj. Jakarta: Bulan Bintang,1979.
Amir Hamzah, 2020. Metode Penelitian Kepustakaan, Cet.; Malang: Literasi Nusantara
Anam, C. Pertumbuhan dan Perkembangan Nahdatul Ulama, Sala, Jatayu: 1984
Andri Kristanto, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Yogyakarta : Gaya Media, 2008.
Ara Hidayat dkk, Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Pustaka Educa, 2010.
Arifin, Imran. Kepemimpinan Kiyai, Kasus Pondok Pesantren Tebuireng, Cet.1; Malanh: Kalima Sahadat, 1993.
Asep Saifullah dk. Manajeman Perubahan, Bandung: CV Pustaka Setia, 2016,
Asfiati, Pendekatan Humanis dalam Pengembangan Kurikulum. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Azhar Arsyad, Pokok-Pokok Manajeman, Pengetahuan Praktis Bagi Pimpinan dan Eksekutif, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012.
Azhar Arsyad, Pokok-Pokok Manajemen, Penegtahuan Praktis bagi Pimpinan dan Eksekutif, Cet-3; Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012.
B.R. Hergenhahn, Theories of Learning, Terjemahan: Tri wibowo B.S. Jakarta: Prenanda Media, 2008.
Bachtiar dkk, Manajeman Kepemimpinan di Cabang dan Ranting Muhammadiyah, Cet-1; Yogyakarta : LPCR, PP Muhammadiyah, 2014.
Chanifudin, Tuti Nuriyati,, Nasrun Harahap , “Rekonstruksi Pendidikan Islam, Analisis Materi dan Pengembangan Pendidikan Islam, Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, “ Akademika” Volume 16, No.1, Juni 2020, 71-85
Daniel L. Pals, Seven Theories Of Religion, terj. Ali Noer Zaman, Yogyakarta: Penerbit Kalam, 2001.
Daryl R. Conner, Managing at the Speet of Change, New york : Villard Books, Random House, Inc, 1992.
Dean Anderson and Linda S. ackerman Anderson, Beyond Change Management, San Fransisco, Jossey, Bass, 2001.
Dede Rosyada, Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Depok: Kencana, 2017.
Dodo Murtado dkk, Manajeman dalam Perspektif Alqur’an dan Hadits, Cet-1; Bandung: YRama Widya, 2019.
Edwards Sallis,Total Quality Management in Education, New Jersey: Prentice Hal.Inc, 2001.
Endang Soetari, dkk, Manajemen Perubahan, Cet-1; Bandung : CV. Pustaka Setia, 2016.
Engkoswara dkk., Administrasi Pendidikan, Bandung : CV. Alfabeta, 2010.
Faisal Fauzi, Problem Doktrin Relativisme, Studi Kritis Pemikiran Cendekiawan Muslim Indonesia, Tasfiyah, Jurnal Pemikiran Islam, Vol.2.No.2, Agustus 2018
Fazlur Rahman, Islam dan Modernity, Transformation of an Intelektua Tradition, Cicago: The University of Chicago Press, 1998.
Fazlur Rahman, Islam, ( Terj. ) Senoaji Saleh, Jakarta; Bina Aksara, 1987.
French dan Bell, D.E. Regret in Decision Making Under Uncertainty. Operations Research, 1982.
G.W. Trompf. The Idea of Historical Recurrence in Western Though: From Antiquity to the Reformation, California: University of California Press, 1979.
George R. Knight, Filsafat Pendidikan, terj. Mahmud Arif Yogyakarta: Gama Media, 2007.
H.A.R. Tilaar, Perubahan Sosial dan Pendidikan, Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia, Jakarta, PT. Rineka Cipta. Cet. Pertama, 2012.
Hadjid, K.R.H. Hadjid, Pelajaran K.R.A. Dahlan: 7 Falsafah Ajaran & 17 Kelompok Ayat Alqur’an (Yogyakarta: Lembaga Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2003.
Hamzah, Biografi KH.Imam Zarkasyi, dari Gontor, merintis Pesantren Modern, Cet.1., Ponorogo: Gontor Press, 1996.
Harold Konntz dkk. Manajemen Jilid 1, Edisi-8, Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama, 1995.
Harun Hadiwijono, Sari sejarah Filsafat Barat 2, Yogyakarta; Kanisius, 1989.
Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya Jilid-II Jakkarta: UI Press, 1986.
Harun Nasution, Islam Rasional, Bandung: Mizan, 1996.
Hasan Langgulung, Peralihan Paradigma dalam Pendidikan Islam dan Sains sosial, Cet.;1, Jakarta: Gaya Media pratama, 2002.
Hasan Langgulung, Peralihan Paradigma dalam pendidikan Islam dan Sains Sosial, Cet-1, Jakarta : Media Pratama, 2002.
Hasan Shadily, Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia, Cet.1X; Jakarta: Bina Aksara, 1983.
http://kendal.kemenag.go.id/berita/read/arah-kebijakan-pendidikan madrasah_online 18 November 2016_11.15 (diaksess 10 Agustus 2022 )
https://www.uinjkt.ac.id/merdeka-belajar-dalam-perspektif-islam/ ( diaksess 5 Agustus 2022 )
https://www.uinjkt.ac.id/merdeka-belajar-dalam-perspektif-islam/ ( diakses 5 Agustus 2020 )
Husaini Usman, Manajemen, Teori Praktek dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Husaini Usman, Manajemen, Teori Praktek dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Husaini Usman, Teori, Praktek dan Riset Pendidikan, Cet.-3, Edisi-3, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
Hussey, D E., How to Manage Organisational Change, London: Kogan Page Limied, 2000.
Ian Palmer dkk. Managing Organizational Change, Boston: McGraw-Hill Companies, Inc, 2009.
Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Yogyakarta: Ar-Russ Media, 2007.
Imam Zarkaryi. dalam Seminar Pondok Pesantren di Yogyakarta , pada tanggal 4-7 Juli 1965. Lihat Dikter Khutbah -tah dalam Pekan Perkenalan di Kulliyanu - l - Muallimin al - Islamiyah Pondok Modern Gontor, 1965.
Iqbal Hasan, Pokok-pokok Metodologi Penelitian, dan Aplikasinya, Jakarta : Ghalia Indonesia, 2002.
Irawan, Filsafat Manajemen Pendidikan Islam,Cet.; Bandung: Remaja Rosda Karya, 2019
Isma’il R. al-Faruqi, dkk, The Cultural Atlas of Islam, New York: MacMillan Publishing Company, 1986.
Ismail Nawawi Uha, Manajemen Perubahan, Cet- 1; Bogor : Ghalia Indonesia, 2014.
Ismail Nawawi Uha, Manajemen Perubahan, Teori dan Aplikasi pada Organisasi Publik dan Bisni, Cet.-1; Bogor : Ghalia Indonesia, 2014.
Jogiyanto Hartono Mustakim, 2009. Sistem Informasi, Konsep dan Aplikasi Yoyakarta : Pustaka Pelajar
Juliansyah Noor, Penelitian Ilmu Manajemen Tinjauan Filosofis dan Praktis, Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2013.
Karna Husni, Manajemen Perubahan Sekolah, Cet-1; Bandung : CV. Pustaka Setia, 2015.
Kartono Kartini, Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Kepemimpinan Abnormal, Jakarta; Rajawali Pers
Kompri, Manajeman dan Kepemimpinan Pondok Pesantren, Cer-1; Jakarta: Kencana, 2018.
Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992.
Louis O. Kattsof, Pengantar Filsafat, alih bahasa Soejono Soemargono, Yogyakarta, Tiara Wacana Yogya, 1992.
M. Quraish Shihab. Membumikan Alqur’an,; Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Cet. IX; Bandung; Mizan, 1995.
M. Rusydi, ia menulis artikel, “wacana Dikotomi Ilmu dalam Pendidikan Islam dan pengaruhnya,” Jurnal: al-Banjari, Volume V, No.9, 2006
M.Nur Nasution, Manajeman Perubahan, Jakarta : Ghalia Indonesia, 2010.
Machali, Imam. “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia EmasTahun 2045”, Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1111, no. 1 (2014): h. 7-10.
Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Cet . II , Jakarta Mutiara, 1979.
Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Setia, 2011.
Manfred Ziemek, Pesantren Dalam Perubahan Sosial, Jakarta: P3M, 1986.
Mas’ud Fu’ad, 2008. Menggugat Manajeman ( Barat ), Semarang; Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Maunah, Binti. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Yogyakarta: Sukses Offset, 2009.
Mehdi Nakosteen adalah guru besar dalam bidang sejarah dan filsafat pendidikan di University of Colorado ( Lihat https://opac: iainpalopo.ac.id ) diakses 13-8-2022.
Mohamad Ali dkk. Filsafat Pendidikan Muhammadiyah: Tinjauan Historis dan Praksis dalam UMS Digital Libraray, www.eprints.ac.id Diakses pada 8 juni 2022.
Mohamad Ali, Paradigma Pendidikan Berkemejuan, Cet-1; Yogyakarta : Suara Muhammadiyah, 2017.
Mohamad Ali, Paradigma Pendidikan berkemejuan, Cet-1; Yogyakarta : Suara Muhammadiyah, 2017.
Muhammad bin Jarir al-Thabari, Jami’ul Bayan fi Ta’wil Alqur’an ( Muassasah ar-Risalah : Juz 16 Tafsir al-Thabari, Juz XV, h. 114 ( versi online ). 2000.
Muhammad Kamil al-Hurr, Ibn Sina, Hayatuhu, Atsaruhu-wa Falsafatuhu, Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1991.
Muhammad Mahmud Hijazi, At-Tafsir al-Wadhih, XXX. Beirut: Dar al-Ja’il, 1968.
Muhammad Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Alqur’an, Vol. 14, Cet.1v, Jakarta : Lentera Hati, 2016.
Muhammad Thoyyib, Model Otonomi Manajemen Mutu Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Cetta Media, 2015.
Mukti Ali, Ta’lim Muta’allim, versi Imam Zarkasyi, Dalam Metodologi Pengajaran Agama, 1991.
Mulyanto, “Islamisasi Ilmu Pengetahuan” dalam Muoeflich Hasbullah, Gagasan dan Perdebatan Islamisasi Ilmu Pengetahuan, (Cet. 1, Jakarta; LSAF, Iris, Cidesindo, 2000.
Mulyasa, Manajeman Berbasis Sekolah, Cet-13; Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Mulyono, Manajemen Administrasi dan Pendidikan, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2008.
Munandar, D. R., Manajemen Perubahan Organisasi Sekolah Luar Biasa, Jurnal Wahana Karya Ilmiah, Vol. 3, Nomor 1, 2019.
Munawwir, Warson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, cet. 1; Surabaya: PustakaProgresif, 1984.
Murthadha Muthahhari, Pengantar Epistemologi Islam, Cet.1., Jakarta: Shadra Press, 2010.
Nanang Fattah, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2013.
Nugroho Widjajanto, Sistem Informasi Akutansi. Jakarta : Erlangga, 2008.
Nur Zazin, Dasar-dasar Manajemen Pendidikan Islam, Cet-1; Malang : Ar-Ruzz Media, 2018
Nur Zazin, Dasar-dasar Manajemen Pendidikan Islam, Cet-1; Malang : Ar-Ruzz Media, 2018.
Nurcholish Majid, Fazlur Rahman dan Rekonstruksi Etika Alqur’an dalam Islamika, Jakarta: Mizan, 1993.
Nurhadi Ihsan, Profil Pondok Modern Darussalam Gontor,Edisi Perdana, Pondok Modern Darussalam Gontor, 2004.
Omar Muhammad al-Toumy, al-Shaybânî, “Filsafat Pendidikan Islam. Terjemahan Oleh Hasan Langgulung ( Semarang: Bulan Bintang, 1979 ), h. 75 Lihat juga htt://library.walisongo.ac.id slims/i versi online
Padoyo, Sekulerisasi dalam polemic, Jakarta; Grafindo, 1993.
Priyono, Pengantar manajemen, Cet-1; Sidoarjo : Zifatama, 2007.
Rhenald Kasali, Reinventing, Bandung: Mizan, 2016.
Robert H. Lauer, Perspektif Tentang Perubahan Sosial, Terj. Ali Mandan, Jakarta, Bima Aksara, 1989.
Sabda, Syaifuddin. Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Kurikulum Tinjauan Teoritis. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.
Salamah, Pengembangan Model Kurikulum Holistik Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah.Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.
Samsul Nizar, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam Cet.1; Jakarta: Media Pratama, 2001.
Sayyid Abdul Hamid Mursi, Menjadi Manusia Paling Produktif, Penterj. Abu amal Ghafar, Kuala Lumpur : Al-Hidayah Publication, 2009.
Scott, W.E. Activation Theory and Task Design. Organizational and Human Performance, 1966.
Siraj, Said Aqiel. Pesantren Masa Depan, Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.
Siswanto & Sucipto, A. Teori dan Perilaku Organisasi: Sebuah Tinjauan Integratif Malang: UIN Malang Press, 2008.
Siti Zubadah, Sejarah Peradaban Islam, Cet-1; Medan : Perdana Publishing, 2016.
Stephen P. Robbins, Prilaku Organisasi, Jilid 1, Alih Bahasa oleh Hadyana Pujaatmaka dan Benyamin Molan, Penyunting Tanti Tarigan, Edisi Kedelapan, Jakarta : Prehallindo, 2001.
Stettner Morey, The New Msnsger’s Handbook, Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer, 2003.
Sudarsono, Kamus Filsafat dan Psikologi, Jakarta : Rineka Cipta, 1993.
Sutarman, Pengantar Teknologi Informasi, Jakarta : Bumi Aksara, 2012.
Syafaruddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep Srtaregi dan Aplikasi, Jakrta: Grasindo, 2012.
Syafarudin dkk. Manajemen Pembelajaran. Jakarta. QuantumTeaching, 2005.
Syafi’i,Khairan Imam. Modernisme, Ekletisme, Arabisme, Cet., II, Yogyakarta: Lkis, 2001.
Syarifuddin Jurdi, Sosiologi Islam Elaborasi Pemikiran Ibn Khaldun,
Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008.
Syed Muhammad Naquib al-Attash, Islam and Secularism ( Kuala Lumpur; Islamic Thought and Islamic civilization ( ISTAQ ), 1993.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya, 2008.
Tata Sutabri, Konsep Dasar Informasi, Yogyakarta : Andi, 2012.
Taufik Abdullah, Sejarah dan Masyarakat, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1987.
Tony Bush dkk, Manajemen Strategis, Kepemimpinan Pendidikan, Penerj. Fahrurrozi, Yogyakarta, IRCiSOD, 2010.
U saefullah, Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : CV. Pustaka Setia, 2014.
Wibowo, Manajeman Perubahan, edisi ketiga, Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Wibowo, Manajeman Perubahan, Edisi-3, Cet-5; Jakarta; Rajawali Pers, 2016.
Winardi, Manajeman Perubahan, Jakarta, Prenadamedia Group, 2015.
Yuliharti dkk. Manajemen Profetik, Konstruksi Teoretis dalam Manajemen Pendidikan Islam, Cet-1; Jakarta : Sinar Grafika Ofse, 2019.
Yuliharti, dkk,.Manajemen Profetik, Konstruksi Teoretis dalam Manajemen Pendidikan Islam, Cet. Ke-1. Jakarta : Amzah, 2019.
Zamroni dkk. ESQ Model & Kepemimpinan Pendidikan : Konstruksi Sekolah Berbasis Spiritual, Semarang: Rasail, 2011.