Pengaruh Marketing Mix Terhadap Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pakaian Seragam Sekolah Murid SMU di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.52103/jms.v5i2.288Keywords:
Produk, Harga, Promosi, Saluran distribusi, kepuasan dan Loyalitas pelangganAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh produk berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan pakaian, Harga berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, Promosi berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, Saluran distribusi berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, Kepuasan pelanggan berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan. Produk melalui kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, harga melalui kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, promosi melalui kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, saluran distribusi melalui kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pakaian seragam sekolah murid SMA pada beberapa Toko di Pasar Butung kota Makassar. Hasil penelitian menemukan bahwa produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Harga memppunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Produk mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui tingkat kepuasan pelanggan, harga mempunyai pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui tingkat kepuasan pelanggan, Promosi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui tingkat kepuasan pelanggan, Saluran distribusi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui tingkat kepuasan pelanggan pakaian seragam Sekolah Murid SMA beberapa toko di Pasar Butung.
References
Adisaputro, Gunawan. 2014. Manajemen Pemasaran : Analisis untuk Perencangan Strategi Pemasaran. Penerbit : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit : Alfabeta. Bandung
Arfah, A., & Putra, A. H. P. K. (2020). Factors Affecting The Export of Coffee In South Sulawesi Province. Point Of View Research Economic Development, 1(3), 39-50.
Arikunto, S. 2011.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penebit : Rineka Cipta. Jakarta
Asdi, A., & Putra, A. H. P. K. (2020). The Effect of Marketing Mix (4P) on Buying Decision: Empirical Study on Brand of Samsung Smartphone Product. Point Of View Research Management, 3(4), 121-130.
Assauri, Sofyan, 2014, Manajemen Pemasaran, Dasar dan Konsep Strategi, Penerbit : PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Basri, Modding, 2012, Pemasaran Strategik, edisi pertama, cetakan pertama, penerbit : Umitoha Grafika, Makassar
Firman, A., & Putra, A. H. P. K. (2020). The Effect of Social Media Utilization, Campus Environment and Entrepreneurship Knowledge on Student Entrepreneurial Interest. Point Of View Research Management, 3(4), 131-143.
Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. edisi ketujuh, Semarang, Penerbit : Universitas Diponegoro
Griffin, Jill, 2007, Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pasien, Jakarta: Erlangga.
Gitosudarmo, Indriyo, 2013. Manajemen Pemasaran. Penerbit : BPFE-. Yogyakarta
Laurens, S., & Putra, A. H. P. K. (2020). Poverty Alleviation Efforts through MDG's and Economic Resources in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(9), 755-767.
Kusuma, A. H. P., Sudirman, A., Purnomo, A., Aisyah, S., Sahir, S. H., Rumondang, A., ... & Simarmata, J. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.