Analisis Efektifitas Pelayanan Air Bersih Program Pamsimas Kecamatan Donri-Donri berdasarkan Persepsi Pelanggan
Keywords:
Air Bersih, Efektivitas Pelayanan, PAMSIMASAbstract
Pemenuhan ketersediaan air bersih di suatu lokasi dapat ditinjau berdasarkan aspek kualitas, kuantitas dan kontinuitas. PAMSIMAS di Kabupaten Soppeng terlaksana dalam pemenuhan kebutuhan air bersih, salah satunya di Kecamatan Donri-Donri. Selanjutnya perlu dilakukan evaluasi untuk menilai efektivitas program PAMSIMAS dan mendapatkan strategi peningkatan efektivitas pelayanannya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan menyebarkan kuesioner kepada 97 responden di Desa Pesse. Data kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS. Model efektivitas pelayanan air bersih PAMSIMAS di Kecamatan Donri-Donri adalah Y= -0,293 + 0,022X1 + 0,026X2 + 0,700X3 dimana variabel kualitas, kuantitas dan kontinuitas memiliki pengaruh sebesar 86% terhadap efektivitas pelayanan air bersih. Semua variabel dapat dinilai sangat baik mengacu pada mengacu pada Kepmendagri No. 47 Tahun 1999.