Author Guideline

Panduan Penulisan Bagi Author 

  • Harus ditulis dengan unsur-unsur berikut dengan urutan sebagai berikut: halaman judul; abstrak; kata kunci; pengantar teks utama, tinjauan pustaka/latar belakang pustaka, dan pengembangan hipotesis, metode penelitian, hasil, pembahasan; ucapan terima kasih; pernyataan pernyataan minat; referensi; lampiran (sebagaimana sesuai); tabel dan gambar harus disebutkan. Untuk manuskrip yang paling sesuai, silakan unduh template artikel
  • Harus berisi abstrak terstruktur sebanyak 200 kata. Struktur abstrak harus mengandung (misalnya, latar belakang, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil, dan temuan)
  • Harus mengandung antara 3 dan 5 kata kunci. Termasuk informasi tentang memilih judul dan optimasi mesin pencari. Kiat untuk kata kunci (yaitu, Bacalah makalah Anda dan soroti istilah atau frasa kunci apa pun yang paling relevan dengan fokus pekerjaan Anda; Buat daftar pendek; Coba telusuri dengan kata kunci Anda untuk memastikan hasilnya sesuai dengan artikel Anda sehingga Anda dapat lihat seberapa berguna mereka bagi orang lain; Persempit kata kunci Anda untuk memastikannya seakurat mungkin; Tinjau daftar akhir Anda dan tanyakan pada diri sendiri, apakah kata kunci ini akan paling efektif dalam mengindeks artikel saya secara online)
  • Sebuah karya ekstensif, yang menyajikan penelitian asli yang didukung oleh sejumlah besar data, berdasarkan penelitian terbaru yang relevan. 
  • Ejaan bisa bahasa Inggris AS atau Inggris selama penggunaannya konsisten. 
  • Harap jangan menggunakan istilah yang tidak biasa atau istilah yang tidak standar. Untuk istilah lokal, harap cantumkan info agar lebih jelas.
  • Harap jangan menggunakan jargon apa pun di tubuh naskah Anda.
  • Isi kata minimal 5.000 - 8.000 kata (Termasuk kata-kata dalam tabel/gambar) dan mengecualikan informasi Penulis (misalnya, nama penulis, afiliasi, identitas penulis, dan semua referensi). Jumlah kata dimulai dari Pendahuluan; Metode penelitian; Pembahasan; Kesimpulan, dan Daftar Pustaka).
  • Untuk referensi gunakan APA edisi ke-6 atau ke-7. Untuk semua referensi, kami sarankan menggunakan manajer perangkat lunak referensi (yaitu, Mendeley, End-Note, Zotero). Harap diperhatikan bahwa kami secara otomatis menolak pengiriman naskah jika naskah menggunakan penulisan referensi manual atau tidak menggunakan pengelola perangkat lunak referensi. Kami menyarankan untuk penulis menggunakan studi terbaru minimal 6 (enam) tahun. Selain itu untuk referensi gunakan minimal 25 referensi. Sebagai komitmen untuk referensi harap dicatat kami hanya mentolerir sekitar 5% dengan 100% total referensi dengan kutipan sendiri (hanya studi terbaru yang relevan dengan naskah).