Implementasi System Informasi Berbasis Web dalam Peningkatan System Pemasaran di PT. Affor Neo Jaya Makassar

Authors

  • Rahmiati
  • Baharuddin Semmaila Universitas Muslim Indonesia, Makassar
  • Aminuddin Universitas Muslim Indonesia, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.52103/jtk.v8i2.607

Keywords:

Sistem Informasi Berbasis Web, Sistem informasi Pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Merancang suatu system informasi pemasaran berdasarkan hasil analisis dan observasi serta Merancang system informasi pemasaran berbasis web yang dapat di akses oleh member dari PT. Affor Neo Jaya Makassar dimanapun dan kapanpun dengan leluasa. Untuk mengimplementasikan tujuan tersebut maka digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, uji validitas dan uji reliabilitas,dan pembasan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80 orang (80,8%) sangat setuju, 16 orang (16,1%) setuju dan 3 orang (3,0%) kurang setuju terhadap penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Web. Dari hasil penelitian ini peneliti berkesimpulan bahwa penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Web telah berhasil meningkatkan sistem pemasaran di PT. Affor Neo Jaya Makassar.

References

A. Kadir, 1999. Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data, Yogyakarta: Andi,

Agus Saputra. 2012. Membuat Aplikasi Absensi dan Kuisioner untuk Panduan Skripsi. PT. Elex Media Koputindo. Jakarta

Aji.P.Ramadhan. 2008. Sistem Informasi Pemasaran Barang Ber basis Web pada Pamoro Jaya Tegal. Tegal.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler 1996 Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan, Prenhalindo, Jakarta.

Amaliah, Aqyunin. 2017. Implementasi Metode Prototype Dalam Membangun Aplikasi E-Business Berbasis Web pada toko usaha dagang di Bandung. Bandung.

Aida, N. (2021). Work Experience, Obedience Pressure and Task Complexity on Audit Judgment. Golden Ratio of Auditing Research, 1(2), 61-69.

Alexander, S. Agustinus. N, Shandy W. 2009. Implemensasi Sistem Informasi Pemasaran Dengan Teknologi Short Message Service Pada Tridjaya Jakarta Property. Universitas Kristen Petra. Yogyakarta

Atikah 2020 Perancangan system informasi penjualan berbasis web pada PT. Andalan Dharma Mulia Tangerang. Universitas Raharja. Tangerang

Chou, George Tsu-der. 1989. DBASE III. Erlangga: Jakarta.

Bello, M. M. (2021). The Terror Campaign of Boko Haram: Its Transformation and Challenges to Nigeria’s Security. Golden Ratio of Social Science and Education, 1(2), 85-94.

Dahliah, D., & Nur, A. N. (2021). The Influence of Unemployment, Human Development Index and Gross Domestic Product on Poverty level. Golden Ratio of Social Science and Education, 1(2), 95-108.

Dewi Yuliana, 2017. Implementasi Sistem Informasi pada Perusahaan kosmetik Evieta. Jakarta.

Depkes RI. 1991. Pengumuman / Peraturan Pemerintah Wajib Daftar Alat Kesehatan, Kosmetika dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga. Jakarta.

Fatur Rohman 2018 Implementasi system informasi berbasis web pada noni foto studio Jakarta. Universitas BSI Jakarta

Ghozali,Imam. 2011. Aplikas iAnalisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Ghozali,. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo

I. P. A. E. Pratama, 2015. E-Commerce, E-business, dan Mobile Commerce, Bandung: Informatika Bandung,

Irwin Nugroho 2011. System informasi penerimaan siswa baru berbasis web dengan PHP dan SQL. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Iyas 2011. implementasi system penjualan online berbasis E Commers pada usaha rumahan Griya Unik Wanita di Jakarta. Universitas Syarif Hidayatullah. Jakarta

Jonathan, Sarwono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu,

Jumady, E., & Lilla, L. (2021). Antecedent and Consequence the Human Resources Management Factors on Civil Servant Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 104-116.

Kotler, Philip, Keller L. Kevin, 2006, Marketing Management 12th edition. Upper Suddle River. New Jersey Prentice-hall. Inc

Kotler, Philip. 2006. Management Pemasaran. Salemba Empat. Jakarta.

Kristanto, Andri, 2008. Perancangan SIstem Informasi dan Aplikasinya, Yogyakarta: Gava Media,

Kusnadi, 2008. Sistem Operasi, Yogyakarta: Andi,

L. Fickel, 1999. Big Business, CIO Web Business,

M. Raymond, 2001. Metode Prototype, Jakarta: Prenhallindo,

Marsita Dewi 2004. Pembuatan Situs Web Almamater Perguruan Tinggi Menggunakan PHP Dan MySQL. Universitas Dipomegoro Semarang

McLeod Jr, Raymod dan George P Schell. 2008. Sistem Informasi Manajemen Edisi 10. Jakarta : Salemba Empat

Miles, MB. Dan AM. Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis A Source book of New Method. SAGE. Baferly Hills.

Muhammad Zia’ulhaq 2014 Penerapan Sistem Informasi Berbasis Web untuk Mendukung Pengelolaan Administrasi di Promusic Recording Studio Jepara. Universitas Dian Nuswantoro Semarang

N Candra Apriyanto (2011) “System informasi penjualan arloji berbasis web pada CV. Sinar terang Semarang”.Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Marpaung, F. K., Dewi, R. S., Grace, E., Sudirman, A., & Sugiat, M. (2021). Behavioral Stimulus for Using Bank Mestika Mobile Banking Services: UTAUT2 Model Perspective. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 1(2), 61-72.

Nugroho, Adi, 2011. Perancangan dan Implementasi Basis Data, Yogyakarta: Andi,

Nugroho, Bunafit, 2009. Latihan membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dream weaver MX, Yogyakarta: Gava Media,

Patricia E. Mountaines 2008. Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Menampilkan Absensi Dan Nilai Akhir Peserta Didik (Studi Kasus Di SMP Negeri 32 Semarang).. Universitas Diponegoro Semarang

P. R. Kurnia, 2013. Customer Relationship Management, Jakarta: Ppm Manajemen,

Retno I.S. Tranggono. 1996. Kiat Apik Menjadi Sehat dan Cantik. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Raharjo,Suwanto. 2004, Teori, Analisa, dan Implementasi Jaringan Tanpa Disk ,pada GNU/Linux, Andi, Yogyakarta

Stanton, William J. 2003. Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7, jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung.Alfabeta.

Siswanto Sastrohadiwiryo. 2018. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22362/22887

Simanjuntak, M., & Putra, A. H. P. K. (2021). Theoretical Implications of Theory Planned Behavior on Purchasing Decisions: A Bibliometric Review. Golden Ratio of Mapping Idea and Literature Format, 1(2), 1-7.

Seputar Pengetahuan, 2020. https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/09/implementasi-adalah.html

S. Huff, 2000. Cases in Electronic E-commerce,

Sugiarto, S., & Octaviana, V. (2021). Service Quality (SERVQUAL) Dimensions on Customer Satisfaction: Empirical Evidence from Bank Study. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 1(2), 93-106.

S. Kaplan, 2000. The New B2B Marketplaces,

Tribuana 2008. Penerapan teknologi system informasi berbasis web serta kajian sikap pengguna dengan pendekatan technology acceptance model (TAM) di bimbingan belajar BTA MAB Depok..Universitas Indonesia Depok

Wirtanto, 2004. Memahami Sistem Informasi, Bandung: Informatika,

Widiyati, D., Valdiansyah, R. H., Meidijati, M., & Hendra, H. (2021). The Role of Public Accountants in Fraud Prevention and Detection in the Taxation Sector during Covid-19. Golden Ratio of Auditing Research, 1(2), 70-82.

Published

2021-08-26